PKK NTB Ingatkan Bahaya Kanker Serviks

oleh -9 views

SUMBAWA BESAR, SR (26/11/2015)

Menyambut Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-44, PKK Provinsi NTB menggelar road show ke sejumlah kabupaten/kota di NTB. Tim PKK NTB yang dipimpin Ketuanya, Hj Erica Zainul Majdi didampingi Wakil Ketua, Kepala BKKBN, Dikes dan BP3AKB NTB ini, tiba di Kabupaten Sumbawa, Kamis (26/11). Rombongan yang tiba di halaman parkir timur Taman Kerato, Kecamatan Unter Iwis sebagai pusat kegiatan ini disambut Bupati Sumbawa diwakili Asisten Pemerintahan, perwakilan Forkopimda, Kepala SKPD, camat dan pengurus PKK Kabupaten Sumbawa.

Ketua PKK NTB, Hj Erica Zainul Majdi
Ketua PKK NTB, Hj Erica Zainul Majdi

Ketua PKK Provinsi NTB, Hj Erica Zainul Majdi dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan terselenggaranya kegiatan roadshow tersebut yaitu untuk bersilahturrahim dan mengajak para ibu melaksanakan deteksi dini kanker leher rahim, kanker mulut rahim atau kanker serviks. Apabila para ibu yang telah melaksanakan tes, harapannya dapat mengajak sebanyak–banyaknya ibu lain untuk melakukan hal yang sama. “Ini adalah amanah langsung dari ibu negara kepada tim penggerak PKK, karena kanker serviks itu memang merupakan pembunuh nomor 1 perempuan di dunia dan di Indonesia. Setiap 1 jam ada satu perempuan yang meninggal akibat kanker ini padahal jika saja kanker ini bisa dideteksi dari awal sesungguhnya penyembuhannya itu sangat mudah, bebas rasa sakit dan gratis,” bebernya. Sebagian besar kasus kanker serviks yang tidak tertolong adalah karena lambat diketahui. Karena itu berikhtiar bersama agar perempuan di NTB bebas dari kanker serviks.

Baca Juga  Jokowi Beli Sapi Qurban di Lotim untuk Masyarakat KSB

Roadshow PKK NTB 4Selanjutnya, Hj Erica juga menambahkan, tujuan kedua roadshow adalah pelayanan Keluarga Berencana. Ibu adalah para pejuang kesehatan, pasti sudah hafal betul bagaimana manfaat ber-KB. Ini juga harus disosialisasikan sekaligus mengajak perempuan lain  untuk ber KB. Tim Penggerak PKK NTB akan melakukan pembinaan di PAUD Holistik Integratif yang mencakup di dalamnya BKB, BKL, BKR dan Dinas Kesehatan. Selain memberikan kelas khusus kepada ibu–ibu bagaimana menjadi keluarga yang sehat gizi, juga bagaimana hidup dengan gizi yang cukup. Diakhir kegiatan, Hj Erica Zainul Majdi bersama rombongan didampingi Ketua PKK Kabupaten Sumbawa melakukan peninjauan pelayanan KB, PAUD, dan tinjauan ke Puskesmas untuk mensosialisasikan deteksi dini kangker serviks. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.