Diperiksa Polisi, Hamzah GEMPUR Didampingi Pengacara

oleh -8 views

SUMBAWA BESAR, SR (25/11/2015)

Ketua LSM Gempur, Hamzah belakangan ini kerap menyambangi Polres Sumbawa. Sebelumnya pegiat LSM yang getol membantu aparat hukum mengungkap kasus korupsi di daerah ini, diperiksa polisi sebagai pelapor dugaan penyimpangan Dana Bansos di Desa Penyaring. Kali ini, Hamzah dipanggil dan diperiksa karena dilaporkan melakukan pencemaran nama baik oleh Ketua Komisi I DPRD Sumbawa, Syamsul Fikri AR, S.Ag M.Si. Dalam pemeriksaan di Ruang Reserse dan Kriminal (Reskrim), Rabu (25/11), Hamzah didampingi pengacaranya, Harmono SH. Meski pemeriksaan berlangsung selama 3 jam, namun Hamzah menjawab sedikitnya 5 pertanyaan penyidik.

Ditemui usai pemeriksaan, Hamzah mengaku ditanya mengenai caranya melakukan investigasi terkait indikasi yang membingungkan masyarakat Penyaring antara Bansos Sapi dan bantuan sapi luar negeri. Kemudian mengenai publikasi berita, dia mengaku ditanya apa tujuan postingannya. Tidak ada tujuan untuk memojokkan siapapun melainkan murni sebagai masyarakat yang dituntut undang-undang untuk memantau penyelenggara negara. Sebagaimana amanat UUD 1945 pasal 28 dan 28 (f) amandemen ke-4, undang-undang tentang Keterbukaan Informasi Publik nomor 14 Tahun 2008, undang-undang kebebasan pers, dan undang-undang menyampaikan pendapat di muka umum, serta sejumlah ketentuan lainnya. Hamzah juga mengaku ditanya penyidik mengenai keberatan pelapor dalam kasus ini. Informasi yang dipostingnya melalui media sosial Facebook Grup RUNGAN SAMAWA sumbernya dari masyarakat. “Saya menulisnya menggunakan kode etik jurnalistik dengan tetap menjunjung azas praduga tak bersalah,” tukasnya.

Baca Juga  Jika PDIP Konflik, PKS Pertimbangkan untuk Berkoalisi

Kapolres Sumbawa melalui Kasat Reskrim, IPTU Tri Prasetyo mengatakan, pemeriksaan Hamzah masih dalam status sebagai saksi. Menurutnya, masih ada sejumlah saksi lainnya yang akan dimintai keterangannya termasuk saksi ahli baik bahasa, pidana maupun IT. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.