11 Kecamatan Utus Duta di Pildacil 9 Kabupaten Sumbawa

oleh -5 views

SUMBAWA BESAR, SR (24/11/2015)

Upaya syiar Islamiah, dengan pengembangan pendidikan Islam non formal terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Sumbawa. Pemilihan Da’i/Da’iah Cilik merupakan salah satunya yang digelar Pemkab Sumbawa. Pemilihan Dai/Daiah Cilik ke-9 tingkat Kabupaten Sumbawa Tahun 2015 secara resmi dibuka di Halaman Kantor Camat Sumbawa, belum lama ini. Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Ir Mustafa membuka secara resmi perhelatan dakwah dimaksud yang ditandai dengan pemukulan gong.

Pildacil Buka 1Camat Sumbawa, Mulyadi, S.Sos selaku Ketua Umum Penyelenggara, melaporkan bahwa penyelenggaraan Pildacil 2015 ini diikuti siswa siswi SD/MI se Kabupaten Sumbawa yang tersebar di 11 kecamatan yaitu Sumbawa, Unter Iwes, Labuhan Badas, Moyo Hilir, Moyo Hulu, Moyo Utara, Rhee, Utan, Alas, Alas Barat dan Batulanteh ikut berpartisipasi dan mengirimkan perwakilannya. Sebanyak 125 orang peserta terdiri dari 55 orang putra dan 70 orang putri menyemarakkan salah satu event tahunan Islami ini. Jumlah peserta maupun jumlah kecamatan yang berpartisipasi selalu meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini menunjukkan bahwa antusiasme masyarakat pada penyelenggaraan kegiatan seperti ini sangat besar. Camat Sumbawa menambahkan, untuk menyemarakkan Pildacil 9 ini digelar Lomba Qosidah/Rebana yang pesertanya juga siswa-siswi SD/MI. Mulyadi mengharapkan Pildacil tahun berikutnya akan lebih berkualitas dan semarak tentunya dengan dukungan lebih meningkat lagi dari semua pihak.

Staf Ahli Bupati, Ir Mustafa
Staf Ahli Bupati, Ir Mustafa

Pada kegiatan yang dihadiri Wakil Ketua DPRD Sumbawa Drs A Rahman Alamudy SH M.Si, pimpinan SKPD, dan camat terkait, Staf Ahli Bupati Bidang SDM dan Kemasyarakatan, Ir Mustafa yang membacakan sambutan Bupati Sumbawa menyampaikan bahwa manfaat lain memberikan pendidikan agama pada usia dini adalah akan terciptanya generasi yang baik. Dalam ajaran Agama Islam, senantiasa diajarkan nilai-nilai kebaikan yang harus selalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Manusia yang memiliki karakter baik merupakan landasan yang sangat penting untuk terciptanya suatu masyarakat sejahtera, adil dan makmur. Karena apabila manusia hanya memiliki kepintaran tanpa dibarengi dengan kebaikan, maka dia akan menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya.

Baca Juga  DAK 2013 Kembali Diluncurkan Dinas Diknas

Pendidikan agama pada anak adalah hal yang sangat penting di dalam Islam. Begitu pentingnya hingga di dalam Al Qur’an bagaimana Allah menceritakan petuah Luqman yang merupakan bentuk pendidikan bagi anak-anaknya. Begitu pula dalam hadits-hadits Rasulullah SAW, ditemui juga bentuk pendidikan terhadap anak, baik dari perintah maupun perbuatan beliau mendidik anak secara langsung. “Mari kita bersama-sama merenungi kembali bagaimana Allah telah memberikan amanah yang sangat besar di dalam kehidupan selaku orang tua. Sudah seharusnya menjaga dan memelihara anak dengan baik, salah satunya yang sangat penting adalah memberikan pengajaran ke-tauhidan yang disesuaikan dengan usianya,” imbuhnya. Kegiatan ini merupakan salah satu wahana yang baik untuk membangun akhlak anak-anak, dengan pengembangan pemahaman nilai-nilai agama. Hal ini akan membantu anak-anak dalam membangun akhlakul kharimah dalam diri mereka. “Semoga melalui event ini akan menghadirkan banyak calon da’i/dai’ah besar di masa yang akan datang,” tutup Mustafa. (JEN/SR)

 

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.