Puluhan Warga Keracunan Massal di Acara Resepsi Perkawinan

oleh -27 views

SUMBAWA BESAR, SR (23/11/2015)

Sebanyak 21 orang warga Desa Batu Tering, Kecamatan Moyo Hulu, mengalami keracunan setelah menyantap makanan pada acara Resepsi Pernikahan di Lapangan Bola, Dusun Lito Tarewan, Desa Lito, Kecamatan Moyo Hulu, Sumbawa, Senin (23/11) sekitar pukul 09.00 Wita. Mereka terpaksa dilarikan ke Puskesmas setempat pada sore harinya untuk mendapat perawatan medis. Sebagian lainnya dirujuk ke RSUD Sumbawa.

Sebelumnya, puluhan warga ini menyantap masakan berupa nasi, sate daging, soto (goreng dalam Bahasa Sumbawa), mie goreng dan es buah serta air gelas mineral. Seketika mereka mual-mual, muntah dan mencret selama 8 jam. Di antara korban yang dirawat di puskesmas dan RSUD tercatat bernama Siti Rafiah (41), Juliah (27), Sakiah (45), Minarmi (37), Rabiatul (35), Siti Hajar (45), Yuniarti (50), Mangindara (45), Melina (45), Hj Siah (45), Siti Zohra (42), Ehsi (30), Siti Siah (55), Fatmawati (50) dan Sri (30). Sebagian lainnya masih bertahan di rumah meski kondisi tubuhnya terkadang mengalami gejala mual-mual.

Menurut dr Rahckmad Suryaman—petugas Puskemas Moyo Hulu, sakit itu diakibatkan bakteri yang sudah terkontaminasi pada makanan yang dikonsumsi para korban. Hal ini membuat daya tahan tubuhnya turun. Selain itu pola hidup masyarakat yang kurang bersih, sehingga sebagian besar korbannya mengalami sakit diare cair, ampas dan lendir. Kemudian mual dan muntah-muntah. “Meski kemas karena kekurangan cairan di tubuh, tapi masih dalam kategori sedang karena kesadaran dari pasien masih normal,” kata dr Rakhmad.

Baca Juga  Jatuh dari Motor, Pejambret Kalung Tertangkap Warga

Kapolres Sumbawa yang dikonfirmasi melalui Kasubag Humas, IPTU Waluyo, mengakui adanya kasus keracunan yang menimpa sekitar 21 orang tamu undangan resepsi perkawinan. Sejauh ini para korban belum melaporkan kasus itu secara tertulis kepada pihak kepolisian. Meski demikian, penyelidikan tetap dilakukan guna memastikan penyebab pasti kejadian itu. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.