BPMLH Segera Tebang dan Pangkas Pohon ‘Tua’

oleh -10 views

SUMBAWA BESAR, SR (23/11/2015)

Badan Penanaman Modal dan Lingkungan Hidup (BPMLH) Kabupaten Sumbawa telah menurunkan timnya di lokasi tumbangnya Pohon Colo samping Sumbawa Great Mall (SGM). Sejak sore tadi hingga malam ini, proses pembersihan dengan melakukan pemotongan pohon yang menghancurkan bangunan ATM BNI dan merusak dua unit sepeda motor, masih berlangsung. “Hari ini harus sudah selesai,” kata Kepala Bidang (Kabid) Penataan dan Penyajian Informasi Lingkungan Hidup, BPMLH Sumbawa, A Malik S.Sos kepada SAMAWAREA di lokasi kejadian.

Malik S.Sos
Malik S.Sos

Tumbangnya pohon ini ungkap Malik, murni akibat angin. Namun demikian ini menjadi pelajaran bagi pihaknya untuk segera menginventarisir sejumlah pohon di beberapa tempat yang sudah berusia tua. Rencananya akan dilakukan penebangan ataupun pemangkasan untuk meminimalisir terjadinya masalah serupa.

Untuk menebang pohon besar berusia tua, kata Malik, tidak dilakukan secara sembarangan. Sebelumnya harus dilakukan analisis. Pasalnya, pohon-pohon besar ini sudah terdaftar dalam penilaian untuk penghargaan Adipura. “Kalau kita mau tebang terlebih dahulu dilakukan analisis,” aku Malik. Terlepas dari itu, pada prinsipnya BPMLH akan berupaya mengurangi resiko dan mengedepankan keselamatan masyarakat. Terlebih lagi menjelang memasuki musim hujan yang dinilai sangat rawan. “Kami akan programkan untuk memangkas pohon-pohon yang tinggi, untuk mengurangi beban agar tidak tumbang. Selain itu menebang pohon yang berusia tua dan dalam kondisi lapuk,” demikian Malik.

Baca Juga  Kunjungi Korban Angin Putting Beliung, Bupati Janji Perbaiki Rumah

Seperti diberitakan Pohon Colo yang berlokasi di Jalan Dr Wahidin, samping SGM, tumbang sekitar pukul 14.30 Wita. Padahal saat kejadian tidak ada angin maupun hujan. Diduga kuat kondisi pohon yang sudah tua dan rapuh. Ambruknya pohon selebar dua meter ini menyebabkan satu orang terluka parah. Tak hanya itu, bangunan ATM hancur lebur, serta dua unit sepeda motor di halaman parkir Great Mall (SGM) mengalami ringsek berat. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.