Mantar Gebrak Event Paralayang Internasional

oleh -19 views

TALIWANG, SR (20/11/2015)
Event Kejuaraan Paralayang International resmi dibuka, Jum’at (20/11). Spot Take Off Paralayang di Bukit Pamanto Desa Wisata Mantar Kecamatan Poto Tano Sumbawa Barat, dinyatakan spot terbaik yang dimiliki Indonesia saat ini. Even bertajuk ‘Mantar Paragliding West Sumbawa Flying Compotition 2015, Fun Play and Charity’ diikuti sedikitnya enam negara Asia dan Eropa dengan menarik perhatian sedikitnya 100 peserta. Negara-negara ini antara lain, Inggris, Singapura, Francis, Indonesia, Belanda dan Swiss. ‘’Mantar ini sebuah desa budaya, yang masyarakatnya masih tinggal dengan cara tradisional. Mantar begitu indah untuk melakukan kegiatan di luar ruang, salah satu Paralayang Gantole dan lain lain,’’ kata Bucek Depp, Koordinator Pilot, kepada SAMAWAREA, kemarin.

Mantar Paralayang 3Bintang Sinetron dan Aktor terkenal tanah air mengakui, spot Paralayang Mantar merupakan spot terbaik yang dimiliki Indonesia bahkan dunia. Ia mengatakan, para penggila Paragliding sangat menyukai kegiatan ini. Bahkan mereka telah memiliki jam terbang yang tinggi. ‘’Mantar hebat dan terbaik, kami akan enjoy di sini,’’ ujarnya.

Sementara, penjabat Bupati Sumbawa Barat, Abdul Hakim dinobatkan untuk membuka acara kejuaraan Paragliding Fliying For Charity ini. Di hadapan jajaran pemerintah, masyarakat Mantar dan peserta serta tamu undangan, Abdul Hakim memuji eksotisme pemandangan desa yang terkenal melalui film layar lebar ‘Serdadu Kumbang’ itu. ‘’Pemerintah harus mendukung dan wajib mempromosikan event ini. Mantar ini asset berharga. Agenda ini bisa menarik banyak atlet paralayang international untuk datang ke Mantar. Apalagi, ada atlet paralayang asli Mantar sendiri,’’ ujarnya optimis, seraya menambahkan Mantar bisa memajukan industri Pariwisata Sumbawa Barat. Ia berharap kepada masyarakat dan pemerintah desa untuk ikut berpartisipasi memberikan rasa aman dan kenyamanan bagi para atlet yang datang. ‘’Atlet yang datang menilai spot Mantar ini terbaik di Indonesia. Kita harap spot Paralayang Mantar ini bisa menjadi tuan rumah untuk event berkelas dunia,’’ cetusnya.

Baca Juga  Ayo !!! Dukung Kabupaten Sumbawa Raih API 2017

Mantar Paralayang 1Sementara itu, sejumlah peserta melakukan uji coba Take Off. Ada yang terbang solo dan tundem. Yang menarik dan menghebohkan, tampak penjabat Bupati itu merasakan sensasi terbang Tundem dengan atlet Paralayang berkelas dunia asal Indonesia. ‘’Ini menegangkan sekaligus menyenangkan. Ini bukan terbang pertama saya. Sebelumnya, saya pernah terjun payung dan mengantongi Wings, terbang perdana terjung payung dulu. Pemandangan spot Mantar dari ketinggian sungguh menguji adrenalin dan indah,’’ puji Abdul Hakim.

Mantar Paralayang 2Kejuaraan Paralayang Mantar menggunakan dua sesi penilaian. Antara lain, Exi. Yakni, terbang dengan jarak dan terjauh mendarat. Tim juri memberi nilai 10 poin untuk paling jauh. Sedang lima poin dan dekat, tiga poin. Selanjutnya, KTM atau ketepatan mendarat dengan top down. Yakni mendarat kembali di lokasi Take off semula dengan ketepatan waktu serta ketinggian. Event ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Hari Lahir (Harlah) ke 12 Kabupaten Sumbawa Barat. (AR/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.