79 Pelajar Lulus PKS, 3 Terbaik  

oleh -7 views

SUMBAWA BESAR, SR (20/11/2015)

Sebanyak 79 orang pelajar SMP dari sejumlah sekolah di Kota Sumbawa dan Kecamatan Plampang, resmi dilantik Kapolres Sumbawa sebagai anggota Patroli Keamanan Sekolah (PKS). Pelantikan ini dilakukan pada upacara penutupan Pelatihan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) tingkat SMP di Mapolres Sumbawa, Kamis (19/11) kemarin. Hadir dalam pelantikan ini, Kadis Diknas Sumbawa, Sudirman Malik S.Pd dan para perwira di jajaran Polres Sumbawa.

Koordinator Pelatihan Patroli Keamanan Sekolah, Kasat Lantas AKP Edi Sudarma Korniawan, S.Kom melaporkan, bahwa pembentukan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) merupakan salah satu upaya pembinaan kamtibmas di lingkungan sekolah melalui pendayagunaan potensi masyarakat belajar dan pembinaan generasi muda dengan ditunjukkan dengan penyaluran bakat di bidang keamanan. Maksud dari kegiatan ini adalah untuk lebih meningkatkan peran serta pelajar dalam mewujudkan kamtibcar lalulintas di jalan sehingga para siswa dapat memanfaatkan dan mengisi waktu luang dengan hal positif serta mendidik secara dini untuk bertanggung jawab dan sadar hukum. Sebelumnya ungkap AKP Edi—sapaan Kasatlantas, pelatihan dimulai dari tanggal 03 Nopember hingga 16 Nopember 2015 dari pukul 14.30–18.00 Wita. Peserta pelatihan adalah siswa/siswi tingkat SMP di wilayah Kota Sumbawa dan Kecamatan Plampang dengan jumlah sebanyak 82 orang terdiri dari SMPN 1 Sumbawa 12 orang, SMPN 2 Sumbawa 12 orang, SMPN 3 Sumbawa 12 orang, SMPN 1 Labuan Badas 14 orang, SMPN 1 Untir Iwes 12, SMP Diponegoro 12 orang dan SMPN 1 Plampang 8 orang. Hasil yang dicapai dalam pelatihan PKS ini memutuskan 79 orang pelajar lulus, 3 lainnya dinyatakan tidak lulus. Dari pelajar yang lulus ini, 3 di antaranya mendapat nilai terbaik atas nama Rizkilla Nandiya Putri (SMPN 1 Sumbawa), Alwan Kamil (SMPN 1 Labuan Badas) untuk Berbudi Pekerti Luhur, dan M Abdi Mahesa (SMPN 1 Plampang) sebagai peserta tertabah.

Baca Juga  TGB: Kyai Hasyim Muzzadi Adalah Guru Saya

PKS Polisi 1Sementara itu Kapolres Sumbawa AKBP Muhammad S.IK selaku Inspektur Upacara mengatakan, Patroli Keamanan Sekolah (PKS) merupakan wadah untuk pembinaan generasi muda khususnya para pelajar baik tingkat Sekolah Dasar maupun Sekolah Menengah dan Polres Sumbawa. Ia mengharapkan dengan pelatihan ini para pelajar akan menjalankan tugas-tugas yang telah diberikan untuk diaplikasikan di lingkungan sekolah. “Kami juga menginginkan para pelajar peserta pelatihan ini dapat mensosialisasikan dan memberikan contoh di lingkungan sekolah, serta selalu memonitoring perkembangan di sekolahnya sekaligus menjadi pelopor keselamatan berlalulintas untuk mewujudkan kamseltibcarlantas di sekolah,” pesan Kapolres.

PKS PolisiPantauan SAMAWAREA, Upacara Pelantikan Anggota PKS ini dilanjutkan dengan pelepasan pita dan penyematan Pet Polantas sebagai tanda ditutupnya kegiatan pelatihan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) oleh Kapolres Sumbawa AKBP Muhammad, S.IK kepada perwakilan peserta pelatihan. Selain itu pemberian hadiah kepada 3 peserta PKS dengan penilaian terbaik serta dilakukan kegiatan peragaan oleh anggota PKS. (JEN/SR)

 

bankntb DPRD DPRD