Wagub NTB Pantau Persiapan Pilkada Sumbawa

oleh -13 views

SUMBAWA BESAR, SR (19/11/2015)

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, H Muhammad Amin SH M.Si melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Sumbawa dalam rangka pemantauan dan ekspose Pilkada di NTB, Kamis (19/11). Kehadiran Wagub beserta rombongan ini disambut Wakil Bupati Sumbawa, Drs H Arasy Muhkan beserta anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), Komisioner KPU, Panwaslu dan Kepala SKPD.

Di hadapan Wagub, Kapolres Sumbawa, AKBP Muhammad SIK mengatakan situasi keamanan menjelang Pilkada di Kabupaten Sumbawa masih dalam keadaan kondusif. Dalam mewujudkan Pilkada yang aman dan sukses, pihak kepolisian telah menyusun rencana kegiatan pengamanan dengan beberapa sasaran yaitu pengamanan distribusi logistik, pengamanan penyelenggara dan peserta Pilkada. Selain itu Kapolres juga menjelaskan data personil yang diterjunkan untuk tugas pengamanan di masing-masing TPS sekaligus peta kerawanan politik sekaligus cara penanggulangannya. Sebab untuk antisipasi pelanggaran dalam Pilkada, telah disiapkan anggota penegak hukum dari Kepolisian yang tergabung dalam Gakumdu (Penegakan Hukum Terpadu).

Kajari Sumbawa Sugeng Hariadi SH MH, ekspose dukungan Pilkada
Kajari Sumbawa Sugeng Hariadi SH MH, ekspose dukungan Pilkada

Ia berharap terselenggaranya seluruh rangkaian Pilkada dengan aman, tertib dan lancar. Kemudian Kajari, Sugeng Hariadi SH MH menjelaskan peran kejaksaan dalam pelaksanaan Pilkada di Sumbawa dan KSB adalah membantu Panwaslu dan kepolisian dalam penegakan hukum terhadap kemungkinan terjadinya tindak pidana Pilkada. Pihaknya juga ikut menjaga kondusifitas daerah, meski mereka tidak didukung keberadaan anggaran.

Sementara Dandim 1607 Sumbawa diwakili Kasdim Mayor Inf Abdul Haris SH MH menyatakan bahwa tugas TNI yaitu membantu tugas Pemda dan Polri dalam penyelenggaraan Pilkada. Tugas lainnya membantu melakukan penyelidikan terhadap konflik yang terjadi selama Pilkada. “Kami hanya mempertebal pengamanan,” ucapnya.

Baca Juga  DPO Curanmor Dibekuk

Kunker Wagub 1Komisioner KPU Sumbawa, Aryati S.Pd.I mengatakan dalam penyelenggaraan Pilkada, KPU menggunakan prinsip transparansi. Untuk terciptanya Pilkada yang aman dan sukses, KPU telah merekrut perangkat di bawahnya yaitu PPK, serta melaksanakan bimbingan tekhnis kepada KPPS. Sejumlah tahapan Pilkada pun sudah dilaksanakan dalam kondisi aman dan lancar termasuk menggelar debat terbuka di tiga zona yaitu tengah (Kantor Bupati), Barat (Alas) dan Timur (Plampang). Dan saat itu KPU tengah melakukan pengecekan dan penyortiran logistik surat suara.

Wakil Bupati Sumbawa, Drs H Arasy Muhkan, mengatakan pemerintah daerah memberikan dukungan maksimal dalam penyelenggaraan Pilkada sehingga berjalan aman dan sukses.
Namun Ia menghimbau masyarakat dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap adanya hal-hal yang tidak diinginkan demi terciptanya rasa aman dan nyaman. Menurutnya, jumlah petugas kepolisian, TNI dan Pol PP yang mendukung pelaksanaan seluruh tahapan Pilkada, sangat terbatas. Karenanya masyarakat diharapkan dapat berperan untuk ikut menjaga kondusifitas wilayah.

Di tempat yang sama Wakil Gubernur NTB, H Muh Amin SH M.Si mengingatkan adanya kerawanan politik yang akan terjadi pada penyelenggaraan Pilkada. Segala potensi kerawanan harus mampu diredam dan diantisipasi sehingga situasi kondusif tetap terjaga. Karena itu Ia berharap adanya koordinasi yang baik antara pihak penyelenggara Pilkada dengan pihak keamanan. Ia juga berharap masyarakat antusias dalam Pilkada dengan berpartisipasi menyalurkan hak politiknya. Demikian dengan insan pers, Wagub memberikan apresiasi karena telah memberikan informasi yang benar dan berimbang kepada masyarakat. Konsistensi ini ini harus terus dipertahankan karena keberhasilan Pilkada adalah keberhasilan untuk semuanya. “Harapan saya, berikan perhatian dan porsi yang sama kepada semua pasangan calon,” pintanya. (JEN/SR)

 

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.