Wagub Bantah ke Sumbawa untuk Penangguhan JH

oleh -2 views

Muh Amin: Biarlah Proses Hukum Berjalan Normal

SUMBAWA BESAR, SR (19/11/2015)

Wakil Gubernur NTB, H Muhammad Amin SH M.Si, membantah kehadirannya di Kabupaten Sumbawa, Kamis (19/11) tadi selain kunjungan kerja dalam rangka pemantauan dan ekspos Pilkada di NTB, juga untuk kepentingan penangguhan penahanan Ir JH M.Sc—Kepala Kesbangpoldagri Sumbawa Barat sebagaimana yang digembar-gemborkan. JH saat ini ditahan di sel tahanan Polres Sumbawa sejak Senin (16/11) lalu. “Nggak ada itu, saya tidak dalam kapasitas untuk melakukan penangguhan penahanan,” akunya saat dicegat SAMAWAREA di Kantor Bupati Sumbawa, siang tadi.

Wagub mengakui jika Bupati KSB sempat berkoordinasi mengingat JH adalah Kepala Kesbangpoldagri yang dianggap sebagai jabatan strategis dalam rangka menghadapi Pilkada di KSB. Ia pun menyampaikan kepada Bupati KSB agar mengatakan kepada JH untuk menjalani proses hukum secara normal. Mengenai permohonan penangguhan penahanan adalah hak tersangka untuk mengajukannya kepada Kapolres Sumbawa. “Saya kira kalau memang ada upaya bupati mmengajukan penangguhan wajar-wajar saja, ya di tingkat bupati lah. Gak usah ke tingkat gubernur. Memang ada bupati lapor ke saya terkait adanya aparaturnya yang ditahan, sebatas itu saja. Hanya saya sarankan untuk melakukan upaya-upaya hukum sesuai aturan hukum yang berlaku,” kata Wagub.

Wagub mengaku sudah lama mengenal JH dan merupakan teman sejawat. Namun kasus yang menimpa JH bersifat kasuistis, dan Ia tidak dapat melakukan intervensi terhadap proses hukum yang sedang berjalan. “Ketika aparatur negara ditimpa masalah, wajar menjadi perhatian kita, tetapi bukan berarti kita melakukan sesuatu di luar koridor aturan,” tegasnya.

Baca Juga  Pengamanan di Bali Diperketat

Ia tidak menampik penahanan Kepala Kesbangpoldagri berpengaruh terhadap konstelasi Pilkada, namun hanya gangguan kecil dan tidak mengarah ke instabilitas. Ia berharap Bupati dapat menunjuk pejabat pelaksana tugas Kepala Kesbangpoldagri agar tugas-tugas dalam mendukung pelaksanaan Pilkada di KSB dapat berjalan sesuai harapan. Tentunya kondusifitas KSB harus tetap dijaga. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD