Timses Paslon Tandatangani Deklarasi Pilkada Damai

oleh -4 views

SUMBAWA BESAR, SR (17/11/2015)

Semua Ketua Tim Sukses Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa, anggota KPU dan Kapolres yang diwakili Kasat Intelkam, menandatangani Deklarasi Pilkada Damai, Selasa (17/11). Penandatanganan yang dilaksanakan Pengurus Daerah Gerak Samawa di Wisma Daerah itu dikemas dalam kegiatan “Deklarasi Pilkada Damai” dengan tema Kopi Darat dan Jerayawara. “Tujuan dari kegiatan ini adalah upaya melahirkan Pilkada aman dan damai,” kata ketua Panitia Pelaksana sekaligus Presedium, Sanapiah. Kegiatan ini penting dilaksanakan untuk menanamkan serta menumbuhkan kesadaran berpolitik, dalam rangka mencegah konflik dalam Pilkada mendatang. “Kami menginginkan agar deklarasi ini menciptakan Pilkada berjalan dengan lancar,” harapnya.

Sementara Ketua Timses JIWA, Ahmadul Kusasi SH mengatakan bahwa proses Pilkada merupakan pemilihan yang dilakukan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Karena itu
Ia menghimbau masyarakat dan timses untuk melaksanakan kampanye damai, sekaligus menjaga keamanan dan kondusifitas daerah. Kemudian Tim Sukses SAAT JAYA, H Ilham Mustami menyebutkan pasca Pilkada akan terjadi dua perasaan yang berbeda yaitu kecewa dan bahagia. Karena itu dalam menghadapi situasi tersebut kesadaran dan kedewasaan berpolitik adalah factor yang sangat penting bagi semua kalangan agar tidak disikapi dengan hal-hal yang berlebihan. “Apabila niat dan tujuannya baik dari awal, apapun hasilnya pasti akan bisa diterima,” ucapnya. Selanjutnya Syamsul Fikri AR S.Ag M.Si selaku Ketua Tim Sukses HUSNI MO, menegaskan Pilkada harus berlangsung jujur dan adil. Indikator dari kampanye damai adalah kesadaran bersama (damai dan tidak ada intimidasi) yang akan memunculkan kesadaran kolega. “Tidak boleh ada unsur yang mendiskriminasikan pasangan calon lainnya, dan jangan sampai ada yang melakukan money politic,” pintanya.

Baca Juga  Penyidik Tipikor Turun Cek Sapi Bansos Penyaring  

Dalam kesempatan yang sama Kasat Intelkam Polres Sumbawa, AKP Hatta S.IP meminta kepada pasangan calon dan tim suksesnya dalam berkampanye agar memperhatikan etika serta tutur kata sehingga tidak menyinggung perasaan pasangan lain. Berikanlah pembelajaran politik yang elegan kepada masyarakat. Di bagian lain AKP Hatta atas nama pimpinan Polri menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat Sumbawa yang telah mampu menjaga kondusifitas wilayah sehingga tahapan Pilkada berjalan lancar sampai sekarang. Terbukti, Kabupaten Sumbawa satu-satunya daerah di Indonesia yang bisa melaksanakan debat kandidat di lapangan terbuka sebanyak 3 kali. Aparat kepolisian bersama TNI tetap berkomitmen memberikan pengamanan yang terbaik hingga pelaksanaan Pilkada berakhir. Personil Polri dan TNI akan tetap menjunjung tinggi netralitas.

Anggota KPU Sumbawa, Dr Hj Yuyun Nur Azmi mengatakan, Pilkada akan berlangsung damai apabila penyelenggaranya memiliki integritas. Salah satu cara anggota KPU Sumbawa mempertahankan integritas adalah melaksanakan proses atau tahapan Pilkada secara transparan. Yuyun—sapaan akrabnya, memastikan semua masyarakat yang telah memenuhi syarat akan mendapatkan hak pilihnya pada pesta demokrasi mendatang. Karena itu Ia menghimbau para pemilih tidak golput karena masa depan daerah untuk lima tahun mendatang akan ditentukan oleh hak politik yang diberikan para pemilih. Ia juga menyampaikan penghargaan kepada semua pihak yang telah menjaga kondusifitas wilayah sehingga tahapan Pilkada dapat berjalan dengan aman dan lancar. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD