Olimpiade Psikologi 3 Ajang Perkenalan Psikologi UTS

oleh -17 views

SURABAYA, SR (16/11/2015)

Meski menjadi yang termuda dalam daftar keluarga besar HIMPSI, namun Fakultas Psikologi Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) sudah mulai dikenal luas. Hal menyusul keikutsertaan fakultas tersebut pada Olimpiade Psikologi 3 di Surabaya, 13—14 November 2015 lalu.  Dalam olimpiade ini Fakultas Psikologi UTS mengirimkan 30 orang perwakilan mahasiswanya baik sebagai peserta dan official sekaligus menjadi duta perkenalan UTS. Didampingi Dekan Fakultas Psikologi UTS, Ilmiyati Zain S.Psi. Psi, Kaprodi Yossi Dwi Erliana M.Psi.Psi dan salah seorang dosen pembimbing, Asri Ramdhani S.Psi. M.Pd, keluarga besar Fakultas Psikologi UTS mengikuti 6 kategori dari 11 mata lomba yang dikompetisikan.

Untuk Psicoscience dengan enam cabang turunannya yaitu Teori Dasar Psikologi, dan Eksperimen Psikologi, UTS menurunkan Novita Sari pada cabang Eksperimen Dasar, Lo Ola Ade Mengas di Cabang Assement Tumbuh Kembang, dan Aditya Kurniadin pada Cabang Psikologi Terapan. Sedangkan pada Cabang Psikometri, Psiko Diagnosis dan Assesmen, UTS tidak menurunkan perwakilannya. Selanjutnya di Kategori Psychoposter, UTS menurunkan Ayu Permatasari dan Surya Wanoko, serta Lutfi Rajesa bersama Ririn Solehah di Psychotoys dan Andri Sahrul Anam pada Psychosportchess. Untuk Psychodrama, UTS menurunkan satu tim yang diisi Suryadin, Salestino Prabowo Sequeira, Abdurrahmad Hamdi, Hifdzul Aziz, Wafiq Zuhair Muhammad, Zuhaimi Santari Hayus, dan Mulya Putri Amatullah. Satu tim juga diturunkan pada Psychovoice, yaitu terdiri dari Febrianti, Siska Dwi Yulianti, Triana, Agus Samsudin, M Jalaluddin Abdurahim, Budi purwanto, Dara Dayana, dan Fahrur Rossi. Untuk kategori Psychopaper, Psychophotography, Psychofutsal dan Psychoinovation, UTS tidak menurunkan perwakilannya.

Baca Juga  Lagi, Sumbawa Dapat Bantuan APD dari PTAMNT

UTS Psikologi Olimpiade 2Ilmiyati Zain S.Psi.Psi, Dekan Fakultas Psikologi UTS mengatakan event nasional yang diadakan setiap dua tahun ini, adalah pertamakali diikuti UTS khususnya mahasiswa Fakultas Psikologi. Keikutsertaannya dijadikan kesempatan untuk memperkenalkan diri dan mensosialisasikan keberadaan Fakultas Psikologi UTS kepada seluruh Fakultas Psikologi di Indonesia terutama lokasi pelaksanaan lomba yaitu Universitas Hang Tuah Surabaya, UNESA, Universitas Pelita Harapan, UWM, UIN Sunan Ampel Surabaya, UNTAG Surabaya, dan UBAYA. “Memberi penampilan terbaik sebagai bentuk perkenalan diri adalah yang utama untuk dipersembahkan, jika menang, maka itu adalah bonus,” terang Ilmi sapaan akrab Dekan cantik ini.

Selain ajang perkenalan timpal Kaprodi Psikologi UTS, Yossi Dwi Erlianan S.Psi, M.Psi, keikutsertaan mereka untuk menumbuhkan jiwa kompetisi, kepercayaan diri, media mengukur kemampuan diri, menambah pengalaman dan merintis jejaring dengan Fakultas Psikologi se-Indonesia. “Lahir dan tumbuh pada universitas yang belum genap berusia tiga tahun, tidak menjadi alasan bahwa kualitas kita tidak cukup untuk berkompetisi, bahkan ajang ini bisa dijadikan sebagai media mengukur kualitas dan kemampuan, sekaligus menjadi media belajar dengan kampus senior lainnya,” jelas Yossi seraya mengaku percaya bahwa kualitas mahasiswanya cukup mumpuni dan mampu bersaing kendati UTS sebagai anggota termuda HIMPSI.

Selain mengikuti Olimpiade Psikologi 3, Fakultas Psikologi UTS memanfaatkan moment kunjungannya di Kota Surabaya untuk bersilaturahim dengan Keluarga Besar Sumbawa yang berdomisili di Surabaya. Gayung bersambut, perwakilan Perhimpunan Keluarga Sumbawa Surabaya dengan kerinduan yang mendalam akan tanah leluhurnya datang berkunjung di Asrama PGRI, lokasi penginapan rombongan Fakultas Psikologi, berbagi cerita dan memperkuat ikatan kekeluargaan. Dalam kesempatan itu Lalu Abik dan Dr Tamzil Muis selaku perwakilan Keluarga Sumbawa Surabaya memberi motivasi dan arahan kepada mahasiswa untuk berjuang meraih prestasi tidak hanya mengharumkan nama kampus dan almamater tapi juga Sumbawa dan NTB. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD