Oktober, Realisasi APBD Sumbawa 2015 Capai 60,58 Persen

oleh -4 views

Dinas Diknas dan RSUD Terkecil, DPKH dan Inspektorat Terbesar

SUMBAWA BESAR, SR (16/11/2015)

Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa melalui Bagian APP dan LPBJP menggelar Rakor Evaluasi dan Pengendalian Pelaksanaan APBD 2015. Kegiatan yang dilaksanakan di Lantai III Kantor Bupati Sumbawa, Senin (16/11) ini, dalam rangka memastikan terwujudnya efektifitas penyelenggaran program atau kegiatan APBD Kabupaten Sumbawa Tahun Anggaran 2015 di masing-masing SKPD. Rakor tersebut dihadiri langsung Bupati Sumbawa, Wakil Bupati, Sekda, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, para pimpinan SKPD dan camat.

Kepala Bagian APP dan LPBJP, Zulkifli, S.Sos dalam laporannya mengungkap bahwa serapan anggaran dari total APBD Kabupaten Sumbawa Tahun 2015 hingga 31 Oktober 2015 mencapai 60,58 % dari Rp 1.424.676.014.083,48. Sedangkan realisasi rata-rata belanja langsung yang menjadi tanggung jawab, tugas pokok dan fungsi masing-masing SKPD sebesar 48,06% dari total pagu Rp 570.903.332.695. SKPD dengan realiasasi anggaran belanja langsung terkecil adalah Dinas Pendidikan Nasional, RSUD dan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika, sedangkan SKPD dengan realiasasi anggaran belanja langsung terbesar adalah Inspektorat, BP4K serta Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Rakor APBD 2015 2Bupati Sumbawa, Drs H Jamaluddin Malik dalam arahannya mengingatkan SKPD untuk lebih bekerja keras lagi melaksanakan program dan kegiatannya, mengingat pelaksanaan anggaran kegiatan Tahun 2015 kurang dari 2 bulan efektif dengan realisasi anggaran yang masih minim. SKPD diintruksikan untuk membuka dan memperhatikan kembali dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) guna memastikan ada tidaknya program atau kegiatan yang belum terlaksana. Bupati juga mengintruksikan kepada Sekretaris Daerah untuk terus memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan atau program 2015 pada masing-masing SKPD khususnya menjelang berakhirnya tahun 2015 ini. Sementara Wakil Bupati Sumbawa Drs H Arasy Muhkan menekankan kepada para pimpinan SKPD untuk fokus melaksanakan program dan kegiatannya di dalam daerah, serta meminimalisir kegiatan di luar daerah yang tidak penting.

Baca Juga  PPP Sumbawa Siap Jadi 'Janda'

Rapat dilanjutkan dengan penyampaian laporan progress realisasi anggaran sampai dengan 31 Oktober 2015 dari para pimpinan SKPD dan camat yang  dipandu Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Drs H Muhammading M.Si. Di bagian lain Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Drs H Rasyidi mengingatkan SKPD khususnya terkait dengan kegiatan fisik/konstruksi agar mengidentifikasi paket pekerjaan yang diperkirakan berpotensi tidak dapat terselesaikan sampai dengan berakhirnya tahun anggaran dan dilaporkan kepada Bupati Sumbawa paling lambat tanggal 15 Desember 2015. Selain itu intens berkoordinasi atau berkonsultasi dengan pihak yang berkompeten guna menghindari terjadinya kekeliruan dalam pelaksanaan program. Sekda juga mengintruksikan Kabag APP dan LPBJP untuk menggelar Rapat Evaluasi lanjutan yang direncanakan pada akhir November 2015 ini, sebagai tindak lanjut Rakor hari ini. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD