Luar Biasa !! Bulan Ini Puluhan Mahasiswa UTS Tembus Nasional dan Internasional

oleh -31 views

SUMBAWA BESAR, SR (16/11/2015)

Berlomba-lomba dalam berprestasi. Itulah semangat yang terbangun di Universitas Teknologi Sumbawa (UTS).  Para Elang Muda—sebutan Mahasiswa UTS saling mengejar untuk meraih sukses. Bukan hanya mahasiswanya, dosen dan fakultas pun demikian memperlihatkan kompetensi di bidangnya masing-masing untuk bersaing menjadi yang terbaik. Kompetisi ‘internal’ ini berdampak positif bagi kampus dan civitas akademika secara eksternal. Secara tidak langsung, UTS mampu memposisikan diri sejajar dengan universitas besar di tanah air, sehingga tradisi prestasi dan predikat sebagai universitas terkemuka di Indonesia bagian timur, tetap dipertahankan.  Sudah banyak prestasi nasional dan internasional disandang universitas yang berlokasi di kaki Bukit Olat Maras, Batu Alang, Kecamatan Moyo Hulu, Kabupaten Sumbawa ini. Salah satu yang prestisius adalah meraih empat gelar dunia pada ajang iGEM di Hynest Convention Center, Boston, Amerika Serikat, meski UTS yang diwakili 8 mahasiswa Fakultas Teknobiologi ini bersaing dengan 250 perguruan tinggi di seluruh dunia.

UTS Psikologi OlimpiadeKini prestasi luar biasa kembali tercipta. Hanya dalam Bulan November 2015 ini saja, nyaris setengah dari jumlah mahasiswa UTS harus terbang ke berbagai kota besar dan negara untuk mengikuti sejumlah event nasional dan internasional. Semua fakultas berhasil mengirimkan perwakilannya dalam kompetisi–kompetisi yang mengharumkan nama Sumbawa dan NTB. Di antaranya 30 mahasiswa Fakultas Psikologi UTS mengikuti Olimpiade Psikologi 3 yang diselenggarakan di Surabaya 13–14 November 2015. Keikutsertaan mahasiswa ini secara tidak langsung memperkenalkan fakultasnya kepada jejaring Fakultas Psikologi Nasional. Disusul tiga mahasiswa Fakultas Teknologi Informatika UTS yaitu Nizar Hafizahullah, Yogi Saputra, dan Febri Caputra yang akan berjuang di Digital Valey Menara Telkom, Jakarta, 14-15 November 2015, setelah menjadi pemenang pertama Hackaton 2.0 NTB, belum lama ini. Tiga mahasiswa ini akan bersaing dengan 27 programer terbaik Indonesia lainnya untuk mendapatkan prestasi tingkat nasional dan menjadikan program Teknologi Informatika tentang Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang mereka buat digunakan pemerintah untuk Sistem Kependudukan Indonesia.

Baca Juga  Dua Pilihan Alur Pikir Kebijakan Dalam Membangun Sumbawa

  Selanjutnya tiga team mahasiswa Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UTS berhasil masuk 25 besar dan akan berjuang meraih prestasi terbaiknya dalam kompetisi Accounting Challenge di Kampus Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur, 16–18 November 2015. Di saat yang hampir bersamaan, dua karateka UTS terbang ke Nangroe Aceh Darussalam mewakili NTB di POMNAS XIV, pada 14–21 November 2015. Kedua karateka, Muhammad Isro’ Al-Fajri dan Adiyat Ade Putra akan memperkuat Cabang Olahraga Karate masing-masing pada Kelas Kumite Karate Putra 67 kg dan Kumite Karate Putra 84 kg.

Karateka UTS, Muhammad Isro’ Al-Fajri dan Adiyat Ade Putra wakili NTB di POMNAS XIV, di Nangroe Aceh Darussalam
Karateka UTS, Muhammad Isro’ Al-Fajri dan Adiyat Ade Putra wakili NTB di POMNAS XIV, di Nangroe Aceh Darussalam

Elang muda lainnya yang akan terbang ke Jakarta adalah Fahmi Dwi Laksono, Faqih Abdul Azis, Kurniawan Eka Putra, dan M Al-Azhar—ketiganya mahasiswa Fakultas Bioteknologi UTS. Mereka akan mengikuti OSN Pertamina Tahun 2015, 23–26 November 2015. Masih di bulan yang sama, 8 mahasiswa UTS yang terbagi dalam dua tim berhasil lolos sebagai Penerima Dana Proposal Bisnis dari Kemenristek Dikti Kopertis 8. Tim pertama berada di peringkat 16 terdiri dari Irwandi (Prodi Teknologi Industri Pertanian), Adelia Elviantari (Prodi Bioteknologi), Rozzy Apriachman (Prodi Ekonomi Pembangunan), dan Nadhira Rosalina (Prodi Akuntansi). Kemudian tim kedua yang berada di peringkat 4 adalah Fitri Tjahyani (Prodi Tehnik Metalurgi), Frisca Sari Nabila (Prodi Tehnik Metalurgi), M Al-Azhar (Prodi Bioteknologi), dan Rian Adha Ardinata (Prodi Bioteknologi).

Baca Juga  UTS Launching Global Village

UTS Olimpiade SainsTak mau kalah dengan Prodi lainnya, dua tim Program Studi Tehnik Metalurgi UTS berhasil meraih peringkat nasional yang cukup membanggakan di ajang Indonesian Student Research Festival (ISRF). Tim pertama yang diketuai Egi Subrata lolos di peringkat 6 nasional, dan tim 2 diketuai Frisca Sari Nabila, bertengger di peringkat 3 nasional.

Nama UTS terus terukir bukan hanya di kancah nasional tapi juga internasional. Sebab Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) UTS ini ditunjuk sebagai penyelenggara Science Film Festival Tahun 2015. Event internasional yang digelar 25—26 November ini merupakan hasil kerjasama dengan Goethe Institut. Perbendaharaan prestasi internasional kian bertambah setelah dua mahasiswa Fakultas Teknobiologi (FTB) meraih NIMS Award 2015. Prestasi inilah yang mengantarkan Cindy Suci Ananda dan Indah Nurulita, menjadi generasi kedua yang berhak mengikuti magang selama dua bulan di NIMS, Tsukuba, Jepang, salah satu institusi penelitian terbaik dunia.

Cindy Suci Ananda dan Indah Nurulita, Mahasiswa FTB UTS terbang ke Jepang
Cindy Suci Ananda dan Indah Nurulita, Mahasiswa FTB UTS terbang ke Jepang

Selamat buat Elang Muda yang terus mengukir prestasi dan menempa kualitas diri untuk menjadi generasi emas di masa mendatang. Meski baru seumur jagung, namun UTS ini, telah mampu mengerami mahasiswanya menjadi Elang untuk terbang mencengkeram dunia. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD