Jokowi Berpesan Jaga Keamanan Pilkada

oleh -3 views

SUMBAWA BESAR, SR (15/11/2015)

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau dikenal dengan sebutan Jokowi berpesan kepada para kepala daerah dan unsur Muspida termasuk Kapolres Sumbawa untuk menjaga keamanan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di kabupaten/kota agar berjalan aman dan lancar. Pesan ini disampaikan Jokowi dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) persiapan dan pengamanan Pilkada di Jakarta, dalam menyikapi Pilkada serentak, 9 Desember 2015 mendatang. “Presiden langsung memberikan pengarahan dalam Rakornas itu, bertujuan untuk menyamakan persepsi dan upaya pelaksanaan Pilkada,” jelas Kapolres Sumbawa, AKBP Muhammad SIK saat ditemui SAMAWAREA, Minggu (15/11).

Dalam Rakornas itu dibahas mengenai metode pengamanan, termasuk perselisihan dalam Pilkada. Terkait pengamanan Pilkada di Sumbawa pihaknya sudah menyiapkan rencana operasi. Salah satunya melaksanakan Operasi Mantap Praja Gatarin 2015. Operasi pengamanan ini, polisi bekerjasama dengan TNI dan institusi terkait lainnya. “Kami sudah petakan kerawanan di masing-masing wilayah. Situasi dan kondisi di lapangan terus kami pantau, sekaligus menempatkan anggota di kantor penyelenggara pemilu, dan nantinya di semua TPS,” ujarnya.

Selain soal keamanan, lanjut Kapolres, dalam Rakornas yang dipimpin Presiden Jokowi, juga dibahas anggaran Pilkada. Sebab masih ada kabupaten/kota yang belum sepenuhnya menerima anggaran Pilkada. Padahal salah satu pendukung keberhasilan pelaksanaan Pilkada adalah anggaran. Pemerintah akan mencari solusi yang tepat mengenai anggaran Pilkada apakah system anggarannya berasal dari daerah atau terpusat.

Baca Juga  Parah ! Oknum Guru Ngaji Cabuli Murid di Masjid

Untuk menindaklanjuti Rakornas itu, pertemuan serupa akan dilaksanakan di masing-masing propinsi salah satunya NTB. Semua stakeholder terkait akan diundang untuk menghadiri pertemuan dimaksud yang rencananya dilaksanakan 17-18 November mendatang. Apapun hasilnya nanti, Ia berharap masyarakat dapat menjaga keamanan dan ketertiban, siapapun yang terpilih itu adalah pemimpin seluruh rakyat yang harus didukung dalam rangka pelaksanaan program pembangunan bagi kesejahteraan masyarakat. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD