Tingkatkan Potensi Laut Sumbawa, Digelar Rakor Pokja Minapolitan

oleh -8 views

SUMBAWA BESAR, SR (11/11/2015)

Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas Kelautan dan Perikanan kembali menggelar Rapat Koordinasi Kelompok Kerja Minapolitan, Rabu (11/11). Rakor yang langsung dipimpin Bupati Sumbawa, Drs H Jamaluddin Malik ini salah satunya bertujuan untuk mempercepat pembangunan kawasan Minapolitan Rumput Laut secara terintegrasi dan berkelanjutan.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, dalam mengelola potensi daerah yang perlu menjadi perhatian utama adalah peningkatan sumber daya manusia, peningkatan kualitas peralatan, dan pemasaran hasil laut. Pasalnya potensi laut Kabupaten Sumbawa yang sangat kaya membutuhkan pihak ketiga, investor yang  berinvestasi agar kedepan minapolitan ini bisa dikelola paling tidak bisa menghasilkan produk setengah jadi. Misalnya, ikan bisa dikelola menjadi produk siap makan, dan hasil dari limbah ikan itu sendiri bisa dikelola menjadi pakan ikan. Demikian juga dengan rumput laut yang memiliki potensi produksi yang besar, dikelola menjadi dodol, bahan dasar kosmetik, dan lainnya.

Mimpi lain pemerintah dan masyarakat, lanjut Bupati, jagung tidak lagi dikirim dalam bentuk pipilan, rumput laut tidak lagi dikirim dalam bentuk apa adanya, bahkan ternak pun seperti sapi, kerbau, dan kuda tidak hanya dikirim dalam bentuk gelondongan, tetapi bisa dikirim daging dalam bentuk kemasan. “Kami harap masyarakat memiliki semangat untuk mau merubah nasibnya sendiri, dengan lebih menunjukkan kreatifitasnya dalam mengelola hasil bumi yang ada di daerah ini,” pintanya.

Baca Juga  Fasilitas Galangan Kapal di Lembar akan Ditingkatkan

Rapat koordinasi yang digelar diharapkan dapat menyamakan pendapat dan persepsi semua komponen yang terlibat. Karena dalam prinsip demokrasi, yaitu bersama–sama menyatukan perbedaan untuk memperoleh solusi yang lebih baik. “Rapat koordinasi ini adalah bagian dari demokrasi itu. Dalam satu kelompok tidak ada yang merasa dirinya paling penting, tetapi semuanya penting,” kata JM sapaan akrab Bupati Sumbawa.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia Penyelenggara Rakor Pokja Minapolitan Kabupaten Sumbawa Tahun 2015, Heri Sucitra S.Pi melaporkan, Rapat Pokja Minapolitan bertujuan untuk mempercepat pembangunan kawasan Minapolitan Rumput Laut secara terintegrasi dan berkelanjutan, meningkatkan efisiensi dan mengoptimalkan pembangunan keunggulan komparatif menjadi kompetitif. Menyamakan persepsi sekaligus melaksanakan evaluasi terhadap pelaksanaan program pengembangan minapolitan yang sudah berjalan maupun yang sedang dilaksanakan tahun ini, merencanakan program dan kegiatan dari SKPD terkait secara terintegrasi untuk tahun 2016. Kegiatan tersebut diikuti oleh 25 orang peserta utusan dari SKPD, Kepala UPT, PISDKP, PPTK, dan kelompok pembudidaya rumput laut di kawasan Minapolitan. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.