Antisipasi Erupsi Barujari, Polres KSB Gelar Apel Siaga Bencana

oleh -1 views

TALIWANG, SR (07/11/2015)

Personil Polres Sumbawa Barat menggelar Apel Siaga Bencana di Halaman Mapolres, Sabtu (07/11). Apel ini diikuti aparat TNI, BPBD dan pihak terkait lainnya dengan tujuan memastikan kesiapan personil serta ketersediaan sarana dan prasarana dalam menghadapi bencana alam, utamanya terhadap dampak erupsi Gunung Barujari jika memasuki willayah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

Apel Bencana 2Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Teddy Suhendyawan Syarif SIK dalam sambutannya di hadapan ratusan peserta apel mengatakan, seluruh anggota dituntut selalu siap siaga untuk menghadapi bencana alam. Salah satu bencana terdekat dan patut diwaspadai adalah dampak erupsi Gunung Barujari yang sewaktu-waktu mengarah ke wilayah Kabupaten Sumbawa Barat. “Kita harus selalu siap siaga untuk menghadapi bencana dengan tetap melakukan konsolidasi dan latihan bersama guna meminimalisir dampak kerugian materil dan korban jiwa,” pesan Teddy, sapaan akrab Kapolres Sumbawa Barat.

Apel Bencana 1Menurutnya, kerjasama dari semua pihak sangat dibutuhkan dalam upaya penanggulangan dan pemberian bantuan terhadap para korban bencana. Contoh nyata dalam hal itu dapat dilihat dari beberapa peristiwa bencana kebakaran yang mampu diatasi dan tidak menimbulkan korban jiwa. “Apel ini juga untuk melihat sejauhmana kesiapan anggota menghadapi musim penghujan yang tidak menutup kemungkinan adanya musibah banjir,” jelas Teddy.

Pantauan SAMAWAREA, apel yang digelar di halaman Mapolres Sumbawa Barat terlaksana sekitar pukul 07.00-08.00 Wita. Apel tersebut digelar karena adanya perintah ‘dadakan’ untuk melihat sejauhmana kesiapan seluruh anggota jika tiba-tiba dituntut untuk turun langsung ke lapangan saat bencana datang. Perintah apel yang langsung ditindaklanjuti oleh seluruh anggota mendapat apresiasi dari Kapolres Sumbawa Barat. Seluruh anggota siaga bencana dianggap telah siap, tinggal menunggu waktu turun lapangan saat dibutuhkan. (AR/KSB)

 

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  Progress Rehab Rekon di KSB Tertinggi, Hanya Tersisa 15 Persen