Digugat JH, Kapolres Sumbawa Menang Praperadilan

oleh -59 views

SUMBAWA BESAR, SR (06/11/2015)

Senyum mengembang di wajah Kasat Reskrim Polres Sumbawa, IPTU Tri Prasetiyo dan jajarannya ketika hakim Pengadilan Negeri Sumbawa menjatuhkan palu menolak gugatan praperadilan Ir JH M.Sc—salah seorang pejabat di KSB. Putusan Hakim Reza Tyrama SH pada persidangan, Jumat (11/6) sore tadi memenangkan kubu Kapolres Sumbawa selaku termohon. Saat itu pemohon (JH) diwakili kuasa hukumnya, I Gede Karya SE SH MH, dan Polres Sumbawa diwakili Kasat Reskrim IPTU Tri Prasetiyo didampingi Kanit Tipikor AIPTU Sumarlin. “Permohonan pemohon ditolak. Keputusan ini bersifat final dan mengikat. Silakan para pihak untuk menyikapinya secara arif dan bijaksana,” kata Reza menutup sidang yang telah berlangsung sejak seminggu yang lalu ini.

Kasat Reskrim, IPTU Tri Prasetiyo dan Kanit Tipikor, AIPTU Sumarlin selaku Kuasa Hukum Polres Sumbawa
Kasat Reskrim, IPTU Tri Prasetiyo dan Kanit Tipikor, AIPTU Sumarlin selaku Kuasa Hukum Polres Sumbawa

Untuk diketahui gugatan perapradilan diajukan JH sebagai pemohon karena keberatan dengan penetapan status tersangka atas dirinya oleh penyidik Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polres Sumbawa. Pemohon diduga melakukan tindak pidana menyuruh menempatkan keterangan palsu ke dalam akta autentik, sebagaimana pasal 266 ayat 1 dan 2 KUHP. Pemohon menyatakan penetapan status tersangka itu tidak sah.

Kuasa Hukum Pemohon (JH), I Gede Karya SE SH MH
Kuasa Hukum Pemohon (JH), I Gede Karya SE SH MH

Sementara Kasat Reskrim Polres Sumbawa, IPTU Tri Prasetiyo, mengaku bersyukur dengan kemenangan tersebut. Putusan hakim dengan menolak gugatan JH dianggap sudah sangat tepat. Putusan ini juga membuktikan bahwa apa yang dilakukan jajaran kepolisian dalam menangani kasus yang menetapkan JH sebagai tersangka sudah sesuai prosedur. Penetapan tersangka terhadap JH sudah memenuhi bukti permulaan yang cukup. Karenanya perkara tindak pidana yang menjerat JH akan terus dilanjutkan.

Baca Juga  Gagal Menghakimi, Massa Bakar Motor Pelaku

Kebahagiaan juga dirasakan Adhe Santya Halim—pengusaha yang juga menjadi ‘lawan’ JH. Ia menilai hakim telah memutuskan perkara itu secara adil, dan langkah yang dilakukan polisi dengan menetapkan JH sebagai tersangka sudah benar. “Kami akan terus mendukung polisi dalam melaksanakan tugasnya menegakkan kebenaran,” pungkas Adhe Rajawali, sapaan akrabnya. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.