Erupsi Barujari, Bandara Sultan Kaharuddin Lumpuh

oleh -15 views

SUMBAWA BESAR, SR (05/11/2015)

Aktivitas penerbangan di Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin Kabupaten Sumbawa, lumpuh total. Operasional penerbangan dihentikan untuk sementara waktu sejak Kamis (5/11) hingga keadaan benar-benar stabil. Untuk diketahui ada tiga maskapai yang beroperasi di bandara kebanggaan daerah ini. Adalah Garuda Indonesia Airlines, dan Wings Air, yang beroperasi setiap harinya, sedangkan Trans Nusa jadwal penerbangannya tiga kali seminggu.

Kasubsi Operasional Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin, Yayat Rukhiyat yang dikonfirmasi Kamis (5/11) mengakui kondisi penerbangan dari dan ke Sumbawa–BIL (Mataram) ditutup (cancel) untuk sementara. Ini dilakukan karena pengaruh dari erupsi Gunung Barujari–anak Rinjani di Lombok Timur. Cancel penerbangan ini direncanakan hingga Jumat (6/11) pagi. Ini bisa diperpanjang tergantung dari masih adanya debu akibat erupsi. “Rencananya sih sampai besok pagi (Jumat), tapi tergantung juga dari kondisi erupsi. Jika debunya mengganggu aktivitas penerbangan maka cancal akan diperpanjang,” jelasnya.

Seperti diberitakan Gunung Baru Jari yang berada di kawasan pegunungan Rinjani meletus 25 Oktober 2015 lalu. Sampai saat ini erupsi tersebut masih sering terjadi. Tak pelak hal tersebut juga mengakibatkan beberapa penerbangan juga ikut lumpuh atau tidak beroperasi. Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin misalnya, terlihat hanya petugas bandara saja yang sibuk lalu lalang, sementara pesawat masih terparkir. Bahkan ada beberapa jadwal seperti Wings Air yang harusnya berangkat pukul 09.30 Wita terpaksa dibatalkan, demikian dengan Garuda Indonesia yang seharusnya landing pukul 12.30 Wita, tidak terlihat mendarat. (JEN/SR)

 

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Bukit Labaong Representatif untuk Kejurnas Paralayang

No More Posts Available.

No more pages to load.