Polisi Jepang Nilai Pengembangan Polmas di Sumbawa

oleh -8 views

Kunjungi Polsek Lape dan Alas

SUMBAWA BESAR, SR (02/11/2015)

Kepolisian Resort (Polres) Sumbawa mendapat kehormatan dari Pemerintah Jepang. Negeri Matahari Terbit itu mengutus polisinya untuk melakukan penilaian pengembangan Polmas di Kabupaten Sumbawa. Pengembangan Polmas di Polsek Lape dan Polsek Alas menjadi pilihan untuk dijadikan pilot project.

Kapolres Sumbawa, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Muhammad SIK yang dikonfirmasi Senin (2/11), mengaku sangat gembira dengan penunjukan tersebut. Penunjukan ini sekaligus tantangan karena tidak semua daerah mendapatkan penghargaan seperti ini. Untuk wilayah Polda NTB ada tiga Polres yang menjadi penilaian polisi Jepang yakni Polres Loteng, Polres Mataram dan Polres Sumbawa yang menjadi satu-satunya Polres di Pulau Sumbawa. “Ini adalah kebanggaan sekaligus tantangan bagi Babinkamtibmas kita untuk lebih baik dari Polres yang lainnya,” kata Kapolres.

Sebagai persiapan penilaian, Kapolres Muhammad mengaku sudah melakukan pengecekan ke Polsek Alas khususnya Babinkamtibmas yang ada di Kecamatan setempat. Demikian dengan Polsek Lape, bagaimana kinerja Babinkamtibmas, manfaat yang dirasakan masyarakat serta kondisi wilayah dengan keberadaannya. Jika penilaian itu menyatakan Polres Sumbawa sangat cocok menjadi pilot project pengembangan Polmas, ini akan menjadi contoh bagi Polres dan Polda lainnya di Indonesia. Ia meyakininya, mengingat Babinkamtibmas yang ada telah mampu menyelesaikan segala permasalahan masyarakat tidak hanya terkait penegakan hukum namun juga kegiatan sosial kemasyarakatan. Tentunya koordinasi dan bekerjasama Babinkamtibmas dengan empat pilar lainnya yakni Babinsa, kepala desa dan perangkat lainnya. “Kalau dulu menyelesaikan masalah, sekarang tugas Babinkamtibmas menyelesaikan akar masalah. Jadi penyebab permasalahan yang timbul itu harus bisa diselesaikan oleh para Babinkamtibmas. Dan ini sudah diwujudkan,” pungkasnya. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  BPKP NTB Undang Kejaksaan Ekspos Proyek Pengaman Pantai Patedong