Cek Orang Asing, Imigrasi akan Sidak ke Newmont

oleh -3 views

SUMBAWA BESAR, SR (01/11/2015)

Imigrasi Sumbawa akan melakukan sidak orang asing di lokasi tambang Batu Hijau PT Newmont Nusa Tenggara, Taliwang, KSB. Dalam sidak ini, Imigrasi akan menggandeng TNI dan Kejaksaan mengingat kedua institusi tersebut masuk dalam Tim Pengawas Orang Asing (PORA). “Rencananya dalam waktu dekat ini,” kata Kepala Imigrasi Sumbawa, Drs Syarifullah yang ditemui SAMAWAREA, belum lama ini.

Pengecekan ini dilakukan untuk menindaklanjuti laporan mengenai jumlah orang asing yang bekerja di PTNNT. Nantinya pekerja asing ini akan diperiksa satu persatu, apakah jumlahnya sesuai dengan laporan yang diterima. Tak hanya itu kepentingan keberadaan mereka juga akan dicek. “Menurut laporan ada sekitar 120-an orang bukan hanya pekerja tapi juga keluarganya, ini yang dicek apakah sesuai dengan kenyataan yang ada,” tandasnya.

Menurut Syarifullah, pengecekan ini dinilai sangat penting karena keberadaan orang asing di dalam negeri harus jelas. Pengecekan tersebut meliputi izin kerja, ijin tinggal dan visa yang mereka gunakan apakah visa kunjungan atau visa pekerja. Jika keberadaan mereka berbeda dengan izin yang diberikan maka akan diproses hukum. Hukumannya bisa dideportasi ataupun dicekal. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  Polisi Tangkap Tersangka Narkoba di Depan Rumah Bersalin