Satgana Brimob Sterilisasi Lokasi Debat Jilid II

oleh -99 Dilihat

Polisi Terjunkan 230 Personil

SUMBAWA BESAR, SR (26/10/2015)

Besok, Debat Kandidat Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa jilid II digelar di Kecamatan Alas. Diharapkan debat tersebut berjalan aman dan lancar sebagaimana debat I di Kantor Bupati Sumbawa. Untuk mewujudkan hal ini, Polres Sumbawa akan mengerahkan sebanyak 230 personil ke Lapangan Padak Bintang, Desa Labuan Alas Kecamatan Alas, tempat digelarnya Debat. Personil ini terdiri dari semua fungsi di Polres Sumbawa termasuk 100 orang anggota Brimob. “Sebelum acara digelar, lokasi sudah disterilkan Satgana Brimob,” kata Kapolres Sumbawa, AKBP Muhammad SIK didampingi Kabag Ops, AKP Syafruddin, kemarin.

System pengamanan debat nanti menggunakan tiga ring. Ring I anggota berpakaian preman, ring 2 dan 3 pakaian dinas lengkap. Setiap pengunjung yang masuk ke dalam arena akan dicek baik identitas yang ditandai dengan kartu card yang telah dibagikan KPU, juga diperiksa menggunakan metal detector. Untuk simpatisan calon, masing-masing dibatasi 200 orang dan tenda yang disiapkan di dalam arena berkapasitas 1000 orang. Selain itu panitia juga menyediakan tenda di luar arena untuk masyarakat yang ingin mengetahui visi misi dan program para calon secara langsung.

Baca Juga  Raker dengan KKP, Johan Rosihan Pertanyakan Pembangunan Shrimp Estate Sumbawa

Bagaimana dengan arus lalulintas di lokasi debat ? Kapolres menjelaskan, alur ke lokasi debat hanya satu jalur. Namun pihaknya memastikan tidak akan mengganggu kelancaran lalulintas dan kepentingan umum lainnya. Jalan setempat akan disteril dari parkir. Lokasi parkir telah disediakan khusus di Pelabuhan Alas yang memiliki lahan yang cukup luas dan dipastikan mampu menampung kendaraan yang datang. “Anggota sudah disiapkan mengatur arus lalulintas, termasuk mengarahkan kendaraan untuk parkir di lokasi yang telah disediakan dan ditata sedemikian rupa,” tandasnya.

Apapun upaya yang dilakukan ini tidak mungkin berjalan maksimal jika tanpa dukungan semua pihak terutama para simpatisan. Karenanya ia menghimbau agar masyarakat dapat mendukung pelaksanaan ini dengan saling menjaga, tanpa intimidasi ataupun provokasi, sehingga kondusifitas daerah tetap terjaga.

Baca Juga  DPRD KSB Minta Dilibatkan Dalam Rapat Koordinasi

Seperti diberitakan, pelaksanaan debat II di Kecamatan Alas sudah siap 100 persen. KPU telah menunjuk Dr Lilies Setiartiti—dosen di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang memandu jalannya debat. Untuk debat kali ini mengulas materi tentang buruh migran, perlindungan anak dan prempuan, serta budaya dan pariwisata. Nantinya posisi duduk pasangan calon akan diacak. Untuk pasangan JIWA duduk di tengah, sedangkan SAAT JAYA di sisi kiri, dan Husni Mo sisi kanan. Posisi ini berbeda dengan debat I, yaitu pasangan nomor 2 di tengah, nomor 1 di sisi kanan, dan 3 sisi kiri. Nantinya pada debat III di Plampang, posisi ini berubah, nomor 3 di tengah, nomor 2 di sisi kanan dan 1 di sisi kiri. (JEN/SR)

pilkada mahkota mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *