Oknum PNS Ajak Warga Pilih Paslon Tertentu

oleh -4 views

TALIWANG, SR (27/10/2015)

Ancaman mendapat sanksi ringan, sedang hingga pemecatan terhadap PNS yang terbukti terlibat politik praktis nampaknya bukanlah suatu hal yang menakutkan bagi salah satu PNS Dikbudpora Sumbawa Barat. Terbukti pada Minggu 25 Oktober kemarin, ia bersama isteri telah mendatangi beberapa warga Kelurahan Kuang Kecamatan Taliwang guna mengajak memenangkan salah satu Paslon pada 9 Desember mendatang.

Sumianto (55), warga RT 02 RW 03 Kelurahan Kuang mengaku melihat tindakan oknum PNS tersebut secara langsung, bahkan ia  memegang bukti berupa kartu yang berisi gambar dan nomor urut paslon yang sempat dibagikan kepada beberapa tetangganya.
“Dia datang pada hari minggu sekitar jam 9 pagi. Dan saya siap menjadi saksi atas tindakannya, membagikan kartu sekaligus mengajak warga untuk memilih calon yang ada di kartu,” cetus Sumianto.

Menurut Sumianto, Oknum PNS tersebut bekerja di sebuah dinas dan menjabat sebagai kepala bidang. Tindakannya mendatangi dan mengajak warga untuk memilih paslon tertentu, merupakan tindakan yang tak patut dilakukan oleh seorang yang berstatus Pegawai Negeri Sipil. Dari itu bupati diharapkan dapat memberi sanki bagi yang bersangkutan, karena jika terjadi pembiaran,  dikhawatirkan dapat memicu ketentraman warga. “Setahu saya, PNS dilarang berpolitik praktis, jadi harus ada sanksi atas tindakannya itu,” ujarnya.

Bagi Sumianto, ketiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang ada, merupakan putra-putra terbaik daerah. Dari itu ia menekankan bahwa tindakan yang dilakukannya saat ini bukan didasari suka atau tidak suka terhadap salah satu paslon.

Baca Juga  Sopir dan Kondektur Ditest Urine, Satu Positif

Dihubungi terpisah ketua Pengawas Pilkada Sumbawa Barat, Unang Silatang, S.Kom berjanji untuk mengutus anggota panwas guna melakukan klarifikasi. Jika memang terbukti, maka pihaknya akan segera melaksanakan rapat dan merekomendasikkan oknum PNS tersebut kepada Bupati Sumbawa Barat. “Kami harap pak Sumianto dapat bekerjasama dengan kami, jika memang terbukti akan segera kami tindaklanjuti,” tukasnya.

Sebelumnya, beredar kabar jika tindakan oknum PNS dikbudpora telah diketahui oleh penjabat Bupati Sumbawa Barat, Abdul Hakim, bahkan sempat disinggung dalam apel pagi. (AR/SR)

CAPTIONUnang Silatang, S.Kom, Ketua Panwas KSB

bankntb DPRD DPRD