Luar Biasa !! Haji Karim Sumbang Gedung Fakultas Psikologi UTS

oleh -53 views

Pengusaha Lokal Buktikan Komitmen

SUMBAWA BESAR, SR (23/10/2015)

Pengusaha lokal asal Kecamatan Lopok, HA Karim Maula, telah membuktikan komitmennya. Janji pengusaha hasil bumi dan distributor pupuk ini untuk membangun gedung Fakultas Psikologi Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) benar-benar terwujud. Sungguh komitmen dan kepedulian yang sangat mulia. Tentunya jejak pengusaha lokal ini patut dicontoh.

Sebagai bentuk apresiasi atas konstribusinya, UTS mengabadikan bangunan itu dengan nama “Gedung Karim” sesuai dengan namanya. Dan Kamis (22/10) kemarin, gedung Fakultas Psikologi tersebut diresmikan dan diserahkan Haji Karim kepada Dekan Fakultas Psikologi UTS, Ilmiyati Zain M.Psi, disaksikan Wakil Rektor 1 UTS, Dr Anawati dan Ketua Dewan Penasehat UTS, Dr H Zulkieflimansyah M.Sc. Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Haji Karim sebagai donator tunggal. “Hari ini adalah hari yang paling membahagiakan dalam hidup saya, ini pertama kalinya saya berbuat untuk kepentingan banyak orang, ditakdirkan turut menjadi bagian dalam mencerdaskan generasi penerus bangsa melalui UTS,” ucap Haji Karim saat memberikan sambutan singkatnya di hadapan mahasiswa UTS.

Gedung Karim 2Sebagai putra daerah Ia mengaku tidak ingin menjadi penonton di daerah sendiri tanpa bisa berbuat nyata. “Saya tidak ingin menjadi penonton, saya juga harus berbuat dan berpartisipasi dalam mencetak sumberdaya manusia melalui kemampuan yang saya miliki,” ujar Haji Karim.

Membangun sarana pendidikan yang bermanfaat bagi umat, menurut Haji Karim adalah amal jariyyah yang tidak ada putusnya meski dia sudah tiada. Apalagi sarana pendidikan ini mampu melahirkan generasi emas sebagai cikal bakal pemimpin masa depan. Ia mengaku kagum dengan keberadaan UTS yang meski baru berdiri dan belum genap berumur dua tahun tapi sudah mampu mencetak prestasi baik lokal, regional, nasional bahkan dunia. UTS juga menjadi harapan dan tumpuan masyarakat Sumbawa untuk menyekolahkan putra-putrinya yang cerdas namun tak mampu secara ekonomi. “UTS adalah mimpi yang terwujud bagi putra putri cerdas dari kalangan tidak mampu untuk mengeyam bangku kuliah,” cetusnya. Karena itu tidak ada salahnya dia menyisihkan sebagian materinya untuk mendukung pembangunan peradaban di daerah ini.

Baca Juga  Jembatan Dirobohkan Tanpa Jalan Alternatif, Tiga Dusun Terisolir

Gedung Karim 1Sementara itu Ketua Dewan Penasehat UTS, Dr H Zulkieflimansyah M.Sc mengatakan gedung yang dibangun H Karim sangat indah. “Kami dari UTS tentu sangat berterima kasih ada pengusaha yang dengan tulus ikhlas berkonstribusi untuk peningkatan kualitas SDM di negeri ini,” kata Doktor Zul—sapaan akrab tokoh nasional ini.

Sumbangan H Karim sekaligus menunjukkan kepada semua pihak bahwa untuk maju dan berkembang tak harus selalu mengandalkan pemerintah. Konstribusi pengusaha lokal justru lebih praktis, tanpa proposal, RAB dan hal-hal administrasi lain yang ribet. “Pak Karim yang punya ide, beliau yang bangun. Kami dari UTS tinggal pakai saja dan ruangannya sangat indah. Alhamdulillah,” ucap Doktor Zul.

H Karim LopokMenurut Doktor Zul, dari kacamata bisnis, H Karim insting bisnisnya hebat karena sumbangannya telah menawan hati civitas akademika UTS. Tidaklah mengherankan untuk fisik bangunan UTS berikutnya, baik gedung, lab Science and Technopark (STP), kawasan industry dan lainnya kemungkinan akan dikerjakan oleh Haji Karim. Sumbangan gedung Fakultas Psikologi UTS mempertontonkan kualitas dan kapasitas grup bisnis Haji Karim. “Walaupun tanpa beliau katakana, tapi pesannya ke kami di UTS, jelas Grup Pak Karim punya kemampuan dan kapasitas untuk mengerjakan pembangunan fisik UTS dan pekerjaan-pekerjaan besar lainnya di Olat Maras. Naluri bisnis yang luar biasa dahsyat !” pungkas Doktor Zul. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD