Debat II, Moderator dan Posisi Duduk Paslon Berbeda dari Debat I

oleh -10 views

SUMBAWA BESAR, SR (23/10/2015)

Tinggal beberapa hari lagi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa akan melaksanakan Debat Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa untuk putaran II. Debat pada 27 Oktober tersebut digelar di Lapangan Padak Bintang, Desa Labuan Alas, Kecamatan Alas. Selain materi debat sedikit berbeda, ada hal lain yang perbedaannya cukup mencolok dibandingkan debat sebelumnya di kantor Bupati Sumbawa. Adalah moderator dan posisi duduk pasangan calon. Untuk moderator, KPU menunjuk Dr Lilies Setiartiti—dosen di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang nantinya memandu sekaligus mengulas materi tentang buruh migran, perlindungan anak dan prempuan, serta budaya dan pariwisata. Sedangkan posisi duduk pasangan calon akan diacak. Untuk pasangan JIWA duduk di tengah, sedangkan SAAT JAYA di sisi kiri, dan Husni Mo sisi kanan. “Ini sudah disepakati dengan pasangan calon dan timnya,” kata Ketua KPU Sumbawa, Syukri Rahmat S.Ag saat ditemui SAMAWAREA di ruang kerjanya, Jumat (23/10).

Untuk menjaga debat berlangsung aman, lancar dan sukses, KPU Sumbawa menggelar pertemuan dengan tim pasangan calon, Kapolres Sumbawa yang diwakili Kabag Ops, dan pihak Event Organizer (EO), Jumat siang tadi. Dalam kesempatan itu Syukri mengaku telah menyampaikan beberapa harapan agar pasangan calon dan timnya dapat mempersiapkan mental dan fisik sehingga dapat melaksanakan debat dengan baik. Pasangan calon juga diminta untuk fokus menyampaikan visi misi dan programnya dengan santun dan damai serta menghindari pola-pola yang cenderung memancing situasi memanas sehingga suasana yang senap semu nyaman nyawe dapat terwujud bukan hanya saat debat, tapi dalam setiap proses tahapan Pilkada, hingga puncaknya 9 Desember 2015 maupun pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih.

Baca Juga  Jalan Lingkar Utara Alas Segera Dibangun, Pemilik Lahan Dikumpulkan

Demikian dengan tim diharapkan tidak membawa massa dari luar zona barat. Untuk mengetahui debat tersebut, KPU telah menyiapkan RRI yang direlay oleh semua stasiun radio lokal secara langsung dari lokasi debat. Masyarakat yang berada di wilayah lain dan tidak sempat datang ke lokasi, dapat mendengar program dan jalannya debat dengan duduk santai di rumah. “Saya kira utang kita semua sebagai masyarakat Sumbawa adalah bagaimana menjaga daerah ini betul-betul aman dan kondusif,” pintanya.

Di bagian lain Kabag Ops Polres Sumbawa, AKP Syafruddin menyatakan kesiapan jajarannya melakukan pengamanan maksimal terhadap pelaksanaan Debat II di Kecamatan Alas. Polisi akan menurunkan sekitar 250 personilnya diback-up satu pleton Brimob. Selain mengamankan jalannya debat, juga mengatur arus lalulintas sehingga semua kepentingan dapat berjalan lancar dan aman. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD