Ciptakan Keamanan Debat Zona Barat, Polisi Survey Lokasi

oleh -6 views
Kapolres Sumbawa, AKBP Muhammad SIK

SUMBAWA BESAR, SR (19/10/2015)

Debat Kandidat I Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa di Kantor Bupati Sumbawa beberapa waktu lalu, berlangsung aman dan lancar. Karenanya untuk Debat Kandidat Jilid II harus mengulang sukses Debat I. Debat Kandidat II akan dilaksanakan di zona barat, wilayah Kecamatan Alas, 27 Oktober mendatang.

Untuk mewujudkan hal ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus jeli dalam menetapkan lokasi pelaksanaannya. Sebelumnya KPU menetapkan Lapangan Kalimango sebagai pusat kegiatan. Namun karena pertimbangan keamanan dan representative lokasi, pusat kegiatan dipindahkan ke Lapangan Padak Bintang, Desa Labuan Alas, Kecamatan Alas.

Muncul keraguan mengenai lokasi, memaksa polisi, KPU dan Panwas, Senin (19/10) siang tadi melakukan survey kembali terhadap lokasi tersebut. “Survey ini dilakukan agar lokasi dan pelaksanaan debat benar-benar aman,” kata Kapolres Sumbawa, AKBP Muhammad SIK saat ditemui SAMAWAREA.

Anggotanya yang dipimpin Kabag Ops, Kasat Intel dan Kasatlantas sudah diterjunkan ke lokasi survey bersama komisoner KPU dan Panwas. Jika lokasinya tidak sesuai, maka direkomendasikan untuk dipindahkan. Sebelumnya Lapangan Kerato Desa Kalimango, Kecamatan Alas yang ditetapkan sebagai lokasi dirasakan sangat sempit. Jalur ke luar masuk ke lokasi tidak memungkinkan, sehingga harus diubah. Dari segi keamanannya juga dinilai tidak memenuhi standar. “Jadi lokasinya dipindahkan ke tempat yang baru di Lapangan Padak Bintang, Labuhan Alas,” katanya.
Hal ini dirasa perlu agar tidak terjadi bentrok antar simpatisan pasangan calon. Karena pihaknya tidak ingin kejadian bentrok seperti di luar daerah terjadi di Sumbawa. Untuk itu sejak awal harus diantisipasi. Menurutnya, lokasi yang dinilai aman adalah lokasi yang luas. Lokasi tersebut memiliki lahan parkir dan akses keluar masuk strategis. Terutama untuk keluar masuk kendaraan juga harus diantisipasi. Selain itu, harus ada jalur alternatif jika terjadi keributan di jalur utama.

Baca Juga  Ini Amanat Pangdam Udayana yang Disampaikan Kasatrem 162/WB di Upacara HUT RI

Tidak hanya lokasi, keamanan juga ditentukan oleh pasangan calon. Karena itu dihimbau Paslon tidak melontarkan perkataan yang menyinggung dan memprovokasi para pendukungnya. Pasangan calon juga diminta tidak memobilisasi massa dari luar zona barat. Jika hendak membawa massa diharapkan yang berasal dari sekitar Kecamatan Alas. Seperti Alas Barat, Buer, Utan dan Rhee. Demikian ketika nanti di Zona Timur yang dipusatkan di Kecamatan Plampang juga massa yang dibawa adalah yang berasal dari sekitar Plampang seperti Empang, Tarano, Maronge, Lape, dan Lopok. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.