DKPP Pantau Progress Infrastruktur Pulau Kenawa dan Gili Balu

oleh -1 views

TALIWANG, SR (10/10/2015)

Pengembangan infrastruktur penunjang Kawasan Konservasi Perairan Pesisir dan Pulau Pulau Kecil (KKP3K) Kabupaten Sumbawa Barat, khususnya Taman Pesisir Pulau Kecil Kenawa dan Gili Balu terus dioptimalkan.

Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) Sumbawa Barat, Ir H Abbas mengatakan, pengembangan infrastruktur penunjang Gili Balu sudah direncanakan dan dilaksanakan sejak Tahun 2008 silam. Infrastruktur dimaksud seperti jalan wisata, MCK, baruga, pembangkit listrik tenaga surya, dermaga tambat labuh di Desa Poto Tano dan Pulau Kenawa. “Terakhir program desalinasi penyediaan dan pemanfaatan air bersih untuk masyarakat nelayan. Itu program bantuan Kementerian Kelautan RI,” ujarnya.

Pulau KenawaMenurut Abbas, saat ini pemerintah hanya bisa melaksanakan program pengembangan hingga 2015 saja, sebab pengelolaan Gili Balu telah dikerjasamakan dengan investor PT Eko Solution Lombok (ESL). “Kita juga fokus membenahi Pulau Kenawa. Penataan pulau tadi sengaja difokuskan agar bisa menjadi pusat destinasi wisata bahari yang sudah terkenal,” ujarnya.

Pulau Kenawa 2Kepala Bidang Perikanan Tangkap Pengawasan dan Pulau Pulau Kecil, Noto Karyono menambahkan, Pulau Kenawa dan seluruh gugusan Gili Balu memiliki potensi terumbu karang terbaik NTB. Pemerintah selama ini fokus melakukan penambahan areal terumbu karang dengan cara transplantasi dan penempatan Reefbal atau bola karang buatan. Selain itu, kata Noto, pihaknya juga telah membentuk Kelompok Pengawas Masyarakat (Pokmaswas) untuk membantu optimalisasi pengawasan agar sumber daya kelautan bisa dimanfaatkan secara berkelanjutan dan lestari. “Pokmaswas ada delapan. Mereka direkrut dari masyarakat pesisir, tujuannya agar program pengawasan pemerintah bersinergi,” ujarnya.

Baca Juga  Anggota DPRD Sumbawa Laporkan Hasil Reses, Dominan Aspirasi Infrastruktur

Selain itu, lanjut Noto, khusus kepulauan yang sudah menjadi destinasi unggulan pemerintah mendorong masyarakat berpartisipasi memajukan, menjaga dan melestarikan pulau-pulau ini. Misalnya, dengan membuat awig-awig untuk menjaga kebersihan pulau. “Bapak lihat hasilnya, Pulau Kenawa bersih enak dikunjungi. Itu berkat Poskmaswas dan masyarakat nelayan yang secara swadaya membantu pemeliharaan pulau ini,” tandasnya. (AR/SR)

DPRD DPRD