Kapolda Pantau Kesiapan Pengamanan Pilkada KSB

oleh -1 views

TALIWANG, SR (08/10/2015)

Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat ( NTB ), Brigjen Pol Umar Septono SH MH melakukan kunjungan kerja ke Kepolisian Resort (Polres) Sumbawa Barat, sekaligus memantau kesiapan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) setempat, Kamis (8/10).  “Selain kunjungan kerja, kedatangan saya ini juga untuk memantau kesiapan pengamanan di sini. Kabupaten Sumbawa Barat merupakan salah satu daerah yang turut melaksanakan Pilkada serentak 9 Desember nanti,” ungkapnya.

Saat ini tahapan Pilkada sudah memasuki masa kampanye. Pilkada Sumbawa Barat sendiri diikuti tiga pasangan calon yakni pasangan Drs H Mala Rahman–Iwan Panjidinata SE, pasangan Drs HM Nur Yasin–Masra Jayadi SE dan pasangan Dr Ir W Musyafirin MM–Fud Syaifuddin ST. “Kabupaten Sumbawa Barat termasuk yang kita prioritaskan. Untuk membantu pengamanan, personel Polda juga siap digeser di sini,” timpalnya.

Kapolda NTB memberikan pengarahan kepada anggota Polres KSB
Kapolda NTB memberikan pengarahan kepada anggota Polres KSB

Menurut Kapolda, pihaknya menerapkan strategi pengamanan yang berbeda–beda di setiap daerah penyelenggara Pilkada. Artinya, setiap daerah akan memiliki pengamanan yang berbeda dengan kekuatan personil yang diterjunkan disesuaikan dengan tingkat kerawanan. “Strategi pengamanan Pilkada pasti beda tiap daerah, makanya saya terus berkoordinasi baik dengan Polres maupun penyelenggara Pilkada untuk mengetahui sejauh apa kebutuhan pengamanannya. Kita juga harus turun langsung ke lapangan untuk melihat sendiri,” urainya.

Mengecek lansung kondisi lapangan tambah Kapolda, merupakan bentuk antisipasi pengamanan yang berpotensi adanya perubahan tingkat kerawanan. “Namun yang paling penting adalah harapan kita agar Pilkada di KSB maupun Pilkada di 6 kabupaten/kota se NTB berjalan aman dan lancar. Kita juga berharap agar masyarakat bisa bersama–sama menjaga keamanan dan ketertiban sehingga kondisi daerah selalu kondusif,” imbuhnya.

Baca Juga  Usaha di Tengah Pandemi, Kerupuk Kepiting Tanpa Pengawet

Sementara itu, Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Teddi Suhendiawan Syarif, SIK menyatakan, pihaknya telah mempersiapkan dua pertiga kekuatan personil untuk mengamankan pelaksanaan Pilkada mendatang. Penambahan personil akan dilakukan jika situasi di lapangan memang mengharuskan adanya bantuan pasukan. “Yang jelas personil sudah kita persiapkan. Kalau kita membutuhkan bantuan, Polda tentu akan siap mengerahkan personel,” tandasnya. (AR/SR)

bankntb DPRD DPRD