Irawansyah Anggota DPRD KSB Bakal di PAW

oleh -6 views

TALIWANG, SR (08/10/2015)

DPRD Sumbawa Barat nampaknya kembali akan melaksanakan Paripurna Istimewa Pergantian Antar Waktu (PAW). Pasalnya usulan pergantian yang disampaikan DPC Hanura KSB terhadap kadernya Irawansyah. Hal ini menyusul gugatan pemecatan anggota DPRD dari Dapil I dari Kader Hanura tersebut telah dikuatkan oleh Mahkamah Agung yang menolak kasasi yang diajukan Irawansyah atas hasil Pengadilan Negeri Mataram yang tidak menerima (NO) gugatan pemecatan sepihak.

Kuasa Hukum Partai Hanura, Burhanuddin SH MH mengatakan, pihaknya berharap pimpinan DPRD Sumbawa Barat dapat segera memproses PAW Irawansyah berdasarkan salinan putusan Mahkamah Agung No. 161 K/Pdt-Sus-Parpol/2015 yang dikeluarkan melalui Pengadilan Tinggi Mataram tertanggal 07 Oktober 2015. “Sejak salinan putusan MA dikeluarkan melalui Pengadilan Tinggi Mataram, maka yang bersangkutan sudah tidak ada lagi upaya hukum lain, karena DPP Hanura telah menerbitkan SK pemecatan saudara Irawansyah selaku kader Hanura yang juga anggota DPRD Sumbawa Barat,” Kata Burhanuddin saat dihubungi SAMAWAREA, Kamis (8/10).

Menurutnya, putusan MA telah menolak permohonan Kasasi Irawansyah dan kepadanya dihukum membayar perkara pada tingkat kasasi sebesar Rp 600.000. Hasil tersebut diputuskan dalam rapat permusyawaratan Majelis Hakim Mahkamah Agung pada Hari Rabu, 1 April 2015, dengan Ketua Majelis H Mahdi Soroinda Nasution SH MH dan Gusti Agung Sumanto SH MH. “Dari amar putusan tersebut sudah jelas sekali gugatan Irawansyah mulai dari tingkat Pengadilan Tinggi Mataram hingga Kasasi MA ditolak, sehingga proses PAW harus segera dipercepat,” tukasnya.

Baca Juga  Presiden Jokowi Tinjau Posko Evakuasi Lion Air JT-610 di Tanjung Priok

Dihubungi Terpisah, Ketua DPRD Sumbawa Barat, M Nasir ST menegaskan, sejauh ini usulan PAW yang diajukan DPC Partai Hanura tidak dapat diproses karena masih menunggu putusan pengadilan yang sifatnya inkrah atau mempunyai kekuatan hukum tetap. “Kalau memang sudah ada putusan yang sifatnya inkrah, maka PAW sudah bisa dilakukan, karena sudah sesuai mekanisme dan aturan,” paparnya.

Sementara itu, Irawansyah melalui Kuasa Hukumnya, Basri Mulyani SH MH mengungkapkan, pihaknya menilai pemecatan Irawansyah dari kader partai Hanura tidak prosedural. Dari itu pemecatan tersebut tidak dibenarkan atau tidak sah karena belum ada keputusan dari Mahkamah Partai. Pihaknya saat ini tengah menyiapkan tuntutan baru terkait hal itu. “Putusan Pengadikan Negeri Mataram yang dikuatkan putusan MA adalah terkait pemecatan oleh ketua umum partai. Sementara untuk hasil dari Mahkamah Partai belum ada hingga saat ini. Dari itu kami akan mengajukan gugatan ke Pengadilan Negeri,” ujarnya. (AR/SR)

CAPTION: Kuasa Hukum Partai HANURA KSB, Burhanuddin SH MH

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.