Distamben Sumbawa Usulkan Pemeliharaan PLTS Labangka 8 M

oleh -6 views
Kadistamben Sumbawa, Ir H Syirajuddin

SUMBAWA BESAR, SR (06/10/2015)

Harapan masyarakat Kecamatan Labangka Kabupaten Sumbawa untuk menikmati listrik hingga kini belum terwujud. Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) senilai Rp 25 Miliyar yang dialokasikan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Tahun 2012/2013 belum bisa dimanfaatkan masyarakat. Selain sebagian kondisinya rusak, juga hasil pengerjaannya belum diserahkan kepada pemerintah daerah, sehingga dinas terkait tidak bisa berbuat banyak terutama dalam hal pemeliharaan. Dapat dikatakan proyek ini sia-sia dan uang negara yang cukup besar terbuang percuma. Kondisi yang cukup lama ini mendorong Dinas Pertambangan Kabupaten Sumbawa untuk berbuat.

Kadis Pertambangan Sumbawa, Ir H Syirajuddin yang dikonfirmasi SAMAWAREA kemarin, mengatakan saat ini pihak sedang menginventarisir kondisi PLTS yang dikerjakan Tahun 2012 tersebut. Dari pengecekan, sebagiannya dalam kondisi rusak, dan sebagiannya terancam rusak karena tidak terpelihara pasca penyelesaian proyek sesuai kontrak. Dari data yang diperoleh ini, pihaknya sudah mengajukan anggaran pemeliharaan dan perbaikan kepada pemerintah pusat (Kementerian ESDM). “Besar anggaran yang kami ajukan sekitar Rp 8 milyar,” sebut Haji Syirajuddin.

Usulan ini telah direspon pusat dan mendapat sinyal akan direalisasikan Tahun 2016 mendatang. Ia berharap hal ini terwujud sehingga masyarakat tidak mengalami krisis listrik. Selain itu Pemda Sumbawa akan ikut memberikan perhatiannya dengan melakukan pemeliharaan. Tentunya PLTS ini harus sudah menjadi aset daerah yang dihibahkan pusat, sehingga kesinambungan dalam pemeliharaan terus berlanjut. “Bagaimana mau diserahkan ke daerah jika PLTS itu sampai sekarang belum berfungsi,” tukasnya. Sejauh ini yang bisa dilakukan Pemda Sumbawa adalah melakukan pembersihan lokasi PLTS, di samping menghimbau masyarakat setempat untuk menjaga keberadaannya agar tidak hilang. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Bakal Ada Tersangka Kasus Kredit Macet Bank NTB

No More Posts Available.

No more pages to load.