Cegah Narkoba, Personil Kodim Sumbawa Dites Urine

oleh -3 views

SUMBAWA BESAR, SR (06/10/2015)

Sebanyak 50 anggota Kodim 1607 Sumbawa menjalani tes urine. Kegiatan spontan kerjasama Kodim dan BNN Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) ini dilaksanakan di Makodim Sumbawa, Selasa (6/10). Satu per satu personil ini dikawal Provost dan diarahkan ke kamar mandi lalu urinenya diserahkan kepada petugas BNN. “Tahun ini baru dua kali kita laksanakan dan ke depan tes urine untuk anggota setiap tiga bulan sekali,” kata Dandim 1607 Sumbawa, Letkol (Inf) Agus Supriyanto saat ditemui SAMAWAREA usai kegiatan.

Dandim 1607 Sumbawa Didampingi Kasdim dan Pejabat BNN KSB
Dandim 1607 Sumbawa Didampingi Kasdim dan Pejabat BNN KSB

Tidak hanya anggotanya, rencananya tes urine juga akan diberlakukan kepada istri anggota. Hal ini dilakukan untuk mencegah anggota dan keluarganya dari penyalahgunaan narkoba. “Alhamdulillah selama saya memimpin di Kodim ini, tidak ada anggota yang terlibat baik sebagai pengguna maupun pengedar narkoba. Ini patut disyukuri,” ucap Letkol Agus.

Agus mengingatkan anggotanya untuk tidak main-main dengan Nakroba. Sebab narkoba menjadi salah satu pelanggaran pokok dalam TNI. Bahkan narkoba adalah pelanggaran berat pertama bagi anggota yang hukumannya bisa langsung dipecat. “Jangankan menjadi pengedar, pengguna saja, anggota bisa langsung dipecat,” tegas Dandim.

TNI Tes Urine 1Sementara Kasubag Umum BNN KSB, Akhiruddin Juliadi SKM M.Si mengatakan, pihaknya akan selalu siap dan mensupport serta menfasilitasi semua institusi dan lembaga yang mendukung pemberantasan dan pencegahan penyalahgunaan peredaran gelap narkoba. Ia mengaku sangat apresiatif terhadap respon Dandim Sumbawa yang berupaya untuk mencegah anggotanya dari penggunaan narkoba melalui tes urine yang dilakukan secara kontinyu. Selain Kodim, beberapa SKPD maupun lembaga pendidikan juga melakukan hal yang sama. Tentunya antusias ini harus dibarengi BNN dengan melakukan tindakan cepat. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  Beraksi di Loteng, Perampok Bengis Dibekuk di Lotim