Pengurus BAZDA Dilantik, Garap Potensi Zakat untuk Umat

oleh -1 views

SUMBAWA BESAR, SR (05/10/2015)

Bupati Sumbawa Drs H Jamaluddin Malik melantik 5 orang pengurus Badan Amil Zakat Daerah (BAZDA) Kabupaten Sumbawa, Senin (5/10). Kegiatan yang dihadiri Wakil Bupati, Sekda, Asisten, Staf Ahli, para Kepala SKPD, Kepala Kemenag dan camat ini digelar di Lantai III Kantor Bupati. Para pengurus yang dilantik ini akan melaksanakan tugas pada periode 2015 hingga 2020. Mereka adalah Drs Ahmad Syaichu Rauf M.Si sebagai Ketua BAZDA dan Wakil Ketua Dra Rodiyah, H Syaifullah SH , Aries Zulkarnaen S.Pd dan HM Ali Tundru S.Sos.

Bupati dalam sambutannya mengatakan potensi zakat yang ada di daerah cukup besar, namun belum bisa dimaksimalkan BAZDA. Ada beberapa hambatan dan tantangan selain pencerahan dan sosialisasi yang belum optimal juga karena kesadaran tentang tanggung jawab yang belum dapat dimaksimalkan. Sebenarnya potensi zakat mal dan zakat harta itu sangat luar biasa. Jika seluruh potensi itu dapat dikelola dengan baik akan memberikan konstribusi pembangunan yang signifikan bagi daerah, dalam rangka terus meningkatkan akselerasi pembangunan. Salah satu aturan yang cukup menggembirakan adalah lahirnya UU No. 38 Tahun 1999 tentang Pengelolaan Zakat, yang kemudian diperbaharui dengan UU No. 23 Tahun 2011.

Undang-undang ini bukan saja menjadi babak baru dalam dunia perzakatan di Indonesia, tapi juga telah menciptakan sebuah momentum untuk membuktikan bahwa aturan dalam Islam adalah aturan yang secara logika dan akal sehat sangat rasional serta prospektif untuk menjadi solusi berbagai persoalan yang terjadi di tengah umat manusia. Karenanya Bupati berharap BAZDA bisa mengelola seluruh potensi zakat itu secara professional. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  BRI Sumbawa Salurkan Bantuan PKH Capai 98 Persen