OSIS SMAN 2 SUMBAWA Sukses Gelar Festival Budaya Jepang

oleh -84 views

SUMBAWA BESAR, SR (04/10/2015)

OSIS Progresif SMA Negeri 2 Sumbawa Besar kembali menggelar Festival Budaya Jepang atau biasa disebut Bunkasai. Kegiatan Bunkasai untuk yang kedua kalinya ini dilaksanakan di lapangan utama sekolah setempat, Minggu (4/10). “Bunkasai sudah menjadi agenda tahunan dan merupakan salah satu program unggulan dari OSIS Progresif SMANDA,” ungkap Bambang Wahyudi, S.Pd selaku Pembina Osis Progresif SMAN 2 Sumbawa Besar ketika ditemui SAMAWAREA, pagi tadi.

Peragaan Busana
Peragaan Busana

Disebutkan Bambang—akrab guru low profil ini, Bunkasai bukan hanya diikuti oleh siswa SMAN 2 Sumbawa, tapi juga para siswa dari sekolah lain mulai dari jenjang TK, SD hingga SMA. Para peserta diperkenalkan dengan berbagai jenis adat istiadat serta budaya Bangsa Jepang. Seperti Origami (seni melipat kertas), Doujinshi (menggambar anime), Sakura Odori (Tarian Sakura), peragaan busana (Cost Play), dan vocal group lagu Jepang. Semua kegiatan ini diperlombakan oleh pihak panitia.

Bambang Wahyudi, Pembina OSIS SMAN 2 Sumbawa
Bambang Wahyudi, Pembina OSIS SMAN 2 Sumbawa

Selain itu lanjut Bambang, panitia juga memberikan kesempatan kepada sekolah yang ikut terlibat untuk membuka stand yang menyajikan berbagai macam makanan dan pernak-pernik khas Jepang. Ia berharap kegiatan Bunkasai ini dapat memotivasi siswa untuk membangkitkan minat dan belajar siswa dalam mengenal budaya Jepang terutama dalam penguasaan Bahasa Jepang yang telah menjadi salah satu pelajaran bahasa yang masuk kurikulum pendidikan untuk jenjang SMA. Dalam pelaksanaan kegiatan festival bertemakan “Mari Berkenalan dengan Budaya Jepang” para peserta dituntut menggunakan sistem teaterikal serta dialog menggunakan Bahasa Jepang.

Baca Juga  Wujudkan Pendidikan Berkualitas, 54 Kepala Sekolah Ikut Konferensi Nasional SLI

Koordinator Acara, Farhan menyatakan festival ini sudah dipersiapkan beberapa bulan yang lalu. Sejumlah agenda kegiatan telah dirancang sedemikian rupa untuk menarik perhatian pengunjung. Hebatnya lagi, kegiatan tersebut dirancang oleh para siswa di bawah bimbingan Pembina OSIS dan Guru Bahasa Jepang. Ia berharap kegiatan ini terus mendapat dukungan baik secara moril maupun materiil dari berbagai pihak terutama sekolah, komite, orang tua siswa, dan para sponsor serta donatur yang telah ikut serta menyukseskan kegiatan Bunkasai.

Untuk diketahui, Bunkasai 2015 ini disemarakkan dengan berbagai lomba. Sang Ayu Made I.R.M (siswa SMAN 2 Sumbawa) berhasil menjadi yang terbaik untuk kategori Cost Play (peragaan busana) dengan mendapat predikat Best Costum Player. Selanjutnya Vokal Group, juara pertama kelas XII IS 1 SMAN 2 Sumbawa, juara kedua SMAN 1 Sumbawa dan ketiga SMAN 2 Sumbawa Klas XII IS 2.

Untuk Lomba Gambar Anime (Doujinshi) juara 1 Theza Pujiawan Vinansyah asal SMAN 1 Sumbawa, juara 2 Meilanie Fitriah (SMAN 2 Sumbawa), dan juara 3 Arya Chandra W  (SMAN 1 Sumbawa). Sedangkan Lomba Mewarnai untuk TK/SD juara 1 Ghaissani Deyka Thissa (TK Bhayangkari Sumbawa), juara 2 Akhmad Fathoni (SDN 2 Sumbawa) dan juara 3 Milanea Aura Chollysta (TK Islam).

Berbagai lomba ini dinilai kalangan professional, praktisi budaya Jepang serta guru seni dan bahasa. Mereka adalah Ageng Zactian, S.Pd (Guru Seni SMAN 1 Sumbawa), Silviana Chandra (Praktisi Budaya Jepang), Nurhidayah (Guru Seni SMA 2 Sumbawa), Dra Windjayani (Guru SMA 1 Sumbawa), Fidelis Mage (Praktisi Olah Vokal), Arief Wahyudinsyah, S.Pd (Guru Bahasa SMAN 2 Sumbawa). (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.