KPU Sumbawa Salut Kinerja Panwas

oleh -6 views
Ketua Panwas Sumbawa Mahyuddin Soud mengajukan protes data pemilih yang dianggap keliru

SUMBAWA BESAR, SR (01/10/2015)

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa, Syukri Rahmat S.Ag menyatakan salut dengan kinerja Panwas kabupaten dan jajarannya. Kinerja mereka sangat bagus dan pola kerjanya sangat dinamis. Ini terungkap pada Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Tahun 2015 di Hotel Sernu, Kamis (1/10). “Rapat ini sangat konstruktif dan dinamis. Beberapa koreksi dan rekomendasi dari Panwas sudah kita akomodir. Memang secara normatif sangat dimungkinkan, bahkan kami berkewajiban menindaklanjuti temuan maupun rekomendasi-rekomendasi yang disampaikan oleh Panwas selama itu berdasarkan data dan fakta yang akurat di lapangan,” kata Syukri Rahmat kepada SAMAWAREA.

KPU dan Panwas menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan data dan keyakinan masing-masing. Di satu sisi data KPU ada yang benar, dan di sisi lain data Panwas juga benar. “Kami berterimakasih atas koreksi dan rekomendasi Panwas, itulah yang kami harapkan. Sebab kita sudah sering menyampaikan bahwa Panwas harus betul-betul menjalankan fungsi pengawasannya secara maksimal. Justru kalau tidak diawasi, ngapain jadi Panwas,” cetus komisioner santun ini.

Hasil pleno menyatakan DPT sudah klir. Meski demikian dimungkinkan jika ada pemilih yang terlewatkan tapi memenuhi syarat, dapat diakomodir. Pemilih dimaksud diistilahkan DPTB-1 (Daftar Pemilih Tambahan Satu). “Nanti ada jadwal tersendiri pemilih itu direkapitulasi. Tapi DPT sudah tidak bergeser dari 322.380,” tandasnya.

Baca Juga  Janda Pejuang di Sumbawa Dapat Penghargaan dan Bantuan Sosial

Untuk diketahui, ungkap Syukri, salah satu tahapan yang paling krusial di Pilkada maupun Pemilu adalah persoalan pemilih. Ketika pemilihnya aman, Ia optimis bahwa Pilkada akan berjalan kondusif, hanya tinggal bagaimana kejujuran dan integritas penyelenggara di tingkat lapangan. “Netralitas dan independensinya itu harus betul-betul dijaga,” pungkasnya. (JEN/SR)

CAPTION: Ketua Panwas Sumbawa Mahyuddin Soud mengajukan protes data pemilih yang dianggap keliru.

bankntb DPRD DPRD