Diperkirakan DPS ke DPT Sumbawa Berkurang 4.000 Orang

oleh -6 views
Camat Sumbawa, Mulyadi S.Sos saat memberikan pembinaan di Kelurahan Pekat

Banyak Data Ganda dan Meninggal Dunia

SUMBAWA BESAR, SR (30/09/2015)

Daftar Pemilih Sementara (DPS) pemilih di Kabupaten Sumbawa tercatat sebanyak 327.339 orang. Jumlah ini telah diverifikasi menggunakan Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) untuk ditetapkan dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang akan memberikan hak pilihnya pada Pilkada Sumbawa, 9 Desember 2015. Namun dari hasil monitoring dan data yang ter-update, diperkirakan terjadi penurunan pemilih dari DPS ke DPT. Jumlahnya mencapai sekitar 4.000 pemilih. Berkurangnya jumlah pemilih dari DPS ke DPT karena banyak data ganda, meninggal dunia, dan pindah alamat. “Memang benar ada data ganda, kita berharap teman-teman di tingkat PPK bisa dituntaskan. Kalaupun belum tuntas atau masih ada masalah yang tersisa, itu kita harap bisa klir di tingkat kabupaten saat penetapan DPT, Kamis besok,’’ kata Ketua KPU Kabupaten Sumbawa, Syukri Rahmat S.Ag saat ditemui SAMAWAREA, Rabu siang tadi.

Syukri Rahmat S.Ag, Ketua KPU Kabupaten Sumbawa
Syukri Rahmat S.Ag, Ketua KPU Kabupaten Sumbawa

Munculnya persoalan data ini karena beberapa waktu lalu sempat terjadi sedikit masalah terhadap Sistem Informasi Data Pemilih. Dengan jumlah server yang terbatas, menyebabkan prosesnya sempat tersendat sehingga memuncul data ganda. Namun saat ini sudah kembali normal, sehingga berhasil mendeteksi data-data ganda dimaksud.

Sejauh ini rapat pleno daftar pemilih tetap di tingkat kecamatan sudah dilakukan dan ada beberapa kecamatan yang sudah menyerahkan hasilnya kepada KPU. Bersama anggota komisioner KPU lainnya mereka turun langsung ke lapangan untuk memantau proses penetapan. “Besok (Kamis, Red) digelar rapat pleno DPT tingkat kabupaten di Hotel Sernu,” katanya memberi informasi.

Baca Juga  Kepala Staf TNI AD Resmikan Kodim 1628 Sumbawa Barat

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Sumbawa, Sudirman S.Ip mengakui terjadi penurunan jumlah pemilih dari DPS ke DPT. Selain itu data pemilih pada Pilkada Sumbawa berdasarkan DPS sebanyak 327.339 juga mengalami penurunan jika dibandingkan data Pemilu Legislative (Pileg) yang mencapai 331.025 pemilih.

Pada Pileg yang lalu, pendataan dilakukan bagi seluruh warga Indonesia. Tetapi untuk Pilkada hanya warga yang ber-KTP Sumbawa, sehingga warga dari luar Sumbawa yang sudah lama tinggal tapi tidak memiliki identitas, dikeluarkan dari daftar. ‘’Orang bisa pindah memilih, selama dia tercatat sebagai pemilih. Dengan mengantongi surat pindah memilih (A-5) dengan alasan pindah domisili, karena pekerjaan, dan lainnya. Mereka akan diberikan formulir A-5 untuk bisa memilih dimana tempatnya berada asalkan di wilayah Sumbawa,” tandasnya.

Ia berharap rapat pleno penetapan DPT Pilkada hasil perbaikan DPS berjalan lancar dan aman, sehingga menghasilkan DPT yang tingkat akurasinya bisa dipertanggungjawabkan, termuktahirkan atau ter-update, dan tidak ada kegandaan. (JEN/SR)

CAPTION: Rapat Pleno Penetapan DPT di Kecamatan Sumbawa

bankntb DPRD DPRD