Raja Muda Sumbawa Siap Dilantik, Dihadiri 25 Raja Nusantara

oleh -198 views
Raja Muda, Sahril Amin

TALIWANG, SR (29/09/2015)

Dewan Adat ‘Bate Salapanga RI Gowa’ direncanakan resmi melantik Raja Muda Kesultanan Sumbawa Kedatuan Taliwang Kemutar Telu Trah Gowa Tallo, dinasti Dewa Dalam Bawa, sekitar pertengahan Oktober mendatang. Pelantikan ini dilakukan menyusul telah ada pengangkatan, Sahril Amin Karaeng Bonto Langkasa sebagai Raja Muda Kesultanan Sumbawa oleh Datu Taliwang, H Andi Azisi Amin Daeng Paewa SE.M.Sc. Andi Azisi merupakan pemegang Surat keputusan (SK) Dewan Adat Bate Selaparang Kerajaan Gowa. “Pelantikan ini dihadiri oleh sedikitnya 25 raja se Nusantara yang berpusat di Masjid Jami Al-falah Taliwang,’’ kata Raja Muda, Sahril Amin.

Dipilihnya Masjid Al-Falah karena masjid tersebut memiliki kaitan erat dengan sejarah penaklukan kerajaan Gowa oleh panglima perang kerajaan Karaeng Bonto Marannu sekitar Tahun 1620. Penobatan ini dilaksanakan sesuai dengan tahapan tatanan adat Gowa Tallo, seperti pernah dilakukan raja Gowa terakhir, Andi Komala Idjo Daeng Sila Karaeng Lembangparang September 2014 di Bala Lampoa Kerajaan Gowa, Makasar Sulawesi Selatan.

Saat ini, kata Sharil, persiapan prosesi pelantikan tengah dilakukan. Salah satunya, menyampaikan izin keramaian kepada pihak kepolisian serta berkoordinasi dengan tokoh agama dan masyarakat setempat. ‘’Kami ingin berpesan, pertama, perlu ada pelurusan sejarah. Kedua, mengembalikan marwah dan martabat kesultanan Sumbawa, sesuai silsilah dinasti Dewa Dalam Bawa,’’ ujarnya.
Intinya, menurut Sahril, keturunan kesultanan Sumbawa merupakan keturunan dari Gowa Tallo (Makasar). Karena itulah,  kesultanan sering disebut dalam tatanan adat, ‘Samawa Tanja Makasar’ (Samawa keturunan Makasar).

Baca Juga  Dilaporkan Hilang, Ternyata Pencari Rumput Tewas Tersengat Listrik

‪Terakhir, Sahril juga menegaskan, Raja Muda Kesultanan Sumbawa didukung oleh Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN) dan Yayasan Raja Sultan Nusantara (Yarasutra) serta Silaturahmi Nasional Raja Nusantara (Silatnas). Posisi Sahril saat ini adalah koordinator wilayah NTB Silatnas raja Nusantara juga menjadi Sekretaris Yarasutra wilayah NTB. (AR/KSB)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.