Silaturahim FKWKT, Bupati Dukung Penguatan Fungsi Pers

oleh -2 views

Taliwang, SR (28/09/2015)

Penjabat Bupati Sumbawa Barat, Abdul Hakim mendukung sepenuhnya penguatan fungsi dan peran Pers, selaku juru bicara masyarakat. Pemerintah meyakini, peran pers sangat membantu mengoptimalkan pengawasan dan berjalannya pembangunan. ‘’Saya berterimakasih kepada rekan-rekan wartawan, tidak hanya Forum
Komunikasi Wartawan Kemutar Telu (FKWKT) namun wartawan secara umum,’’ katanya, berbicara menghadiri undangan silaturahim FKWKT di Seteluk, belum lama ini.

Bupati mengakui banyak menerima masukan dari FKWKT agar pemerintahan yang ia pimpin kurang dari 11 bulan ini, bisa membenahi sektor yang kurang dan menjadi perhatian masyarakat. Misalnya, masalah kekeringan, pengendalian harga gabah dan kedelai, infrastruktur serta evaluasi birokrasi.

Penjabat Bupati KSB, Abdul Hakim
Penjabat Bupati KSB, Abdul Hakim

Bupati menyatakan, sumber daya manusia di birokrasi Sumbawa Barat tidak kurang, hanya managemen penempatannya yang perlu dibenahi. Misalnya data menunjukkan 67 persen sarjana pegawai negeri di NTB berada di Pemda Sumbawa Barat. “Potensi ini besar, tapi banyak sarjana yang justru tidak ada job. Pejabat yang asalnya dari pendidik kita kembalikan sesuai dengan disiplin ilmu. Inilah yang harus dibenahi dan dievaluasi,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua FKWKT Sumbawa Barat, Andy Saputra mengatakan, Pers berkewajiban melakukan kontrol sosial, termasuk menguatkan fungsi dan peran pemerintah. Kritik terus dilakukan namun terukur dan sesuai kode etik jurnalistik. Tujuannya sama untuk melayani kepentingan publik. Ia menyampaikan terima kasih kepada penjabat Bupati yang berkesempatan hadir memenuhi undangan forum yang ia pimpin. Ini kata dia, bukti bahwa pers masih dipercaya independen. Andy menegaskan, dalam transisi politik seperti sekarang ini, penting pers mengambil posisi strategis guna mempertegas posisinya agar tetap netral. Terutama mendukung pemerintahan yang sah. ‘’Kami tetap mengkritik pemerintah, memberi solusi dan mengingatkan. Tujunnya, untuk memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat,’’ katanya lagi.

Baca Juga  Mahasiswa UTS Wakili Kopertis VIII ke Final ON MIPA PT 2016

Andy juga melaporkan, bahwa FKWKT berdiri sejak 14 Desember 2014. Organisasi ini berakte notaris resmi dan telah dilaporkan resmi kepada institusi negara, seperti pengadilan, kejaksaan, kepolisian dan Kesbangpoldagri. Hadir dalam pertemuan yang diundang FKWKT tersebut yakni tokoh masyarakat dan pemuka agama Seteluk, Dea Guru Zulkifli Daud, Kapolsek Seteluk, AKP Kadek Supartha dan perwakilan pejabat Polres Sumbawa Barat. Hadir pula mendampingi rombongan Bupati, Kepala Dinas PU, Amir Husain ST dan Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP). Kehadiran dua kepala dinas tersebut atas permintaan bupati guna menyerap aspirasi masyarakat secara langsung terutama yang berkaitan dengan bidang tugasnya masing-masing. Sementara dari unsur media, hadir Kepala Biro Gaung NTB, Dewi Setyawati, kepala Biro Post Kota NTB, Edi Candra Gunawan, Kepala Biro Samawarea.com, Ardianto, Kepala Biro Tribun Sumbawa, Sutan Zaitul Ikhlas dan Pemred Kerah Putih, Andy Saputra. (AR/SR)

bankntb DPRD DPRD