Safari Jumat, Kapolres Sumbawa Siap Jadi Khatib

oleh -11 views
Kapolres AKBP Muhammad jadi khatib di Masjid Agung Nurul Huda

Sumbawa Besar, SR (26/09/2015)

Beda pemimpin beda pula cara memimpin. Perbedaan juga terlihat pada cara pendekatan dengan masyarakat. Itulah yang dilakukan AKBP Muhammad SIK. Setelah resmi menjabat sebagai Kapolres Sumbawa menggantikan AKBP Karsiman SIK MM, belum lama ini, AKBP Muhammad rajin turun ke masyarakat dan bertemu dengan para tokoh. Pendekatan tersebut dilakukan untuk memudahkan komunikasi dan bertatap muka langsung dengan masyarakat. Selain menyambangi para tokoh secara door to door, perwira kelahiran 1975 dan tercatat sebagai Kapolres termuda di seluruh Indonesia ini, juga menyapa masyarakat dengan menjadi khatib sholat jumat di masjid-masjid. Cara tersebut dinilai AKBP Muhammad SIK yang ditemui SAMAWAREA di ruang kerjanya, Sabtu (26/9), sangat efektif dalam menyampaikan pesan kamtibmas sekaligus mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga kondusifitas wilayah. (BACA: https://www.samawarea.com/2015/09/akbp-muhammad-sik-putra-satpam-jadi-kapolres/)

Usai Sholat Jumat di Masjid Nurul Huda Sumbawa
Usai Sholat Jumat di Masjid Nurul Huda Sumbawa

Menurutnya, di masjid semua masyarakat khususnya muslim dari berbagai strata  berkumpul tanpa ada perbedaan miskin dan kaya, rakyat atau pejabat. Hal ini memudahkannya dalam menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas, mengajak untuk hidup bertoleransi dan bekerjasama dalam membangun daerah. “Alhamdulillah kemarin pertamakali saya memperkenalkan diri di Masjid Agung Nurul Huda mendapat sambutan yang cukup baik dari pengurus dan warga masyarakat, bahkan saya sudah didaulat menjadi khatib. Ini bentuk apresiasi dari masyarakat meski kita masih belajar, dan ini tantangan,” aku ayah tiga putra ini.

Baca Juga  Serapan APBD Sumbawa Triwulan II Capai 37,64 Persen
Bertemu Bupati Sumbawa
Bertemu Bupati Sumbawa

Tantangan ini juga lanjut Kapolres, akan diberikan kepada Kapolsek dan anggota lainnya untuk bisa menjadi khatib dan imam di masjid. Sedangkan bagi anggota yang beragama lain seperti Kristen dan Hindu diharapkan juga mampu menjadi pendeta, pemangku atau pedande di lingkungan ibadahnya. Untuk mewujudkan semua ini, tentu anggota harus mengintrospeksi dan memposisikan diri sebagai suri tauladan masyarakat. “Jadilah contoh yang baik dengan cara bersikap atau bertingkah laku dengan menjaga citra diri, keluarga dan institusi,” tandasnya.

Bertemu Dandim
Bertemu Dandim

Pantauan SAMAWAREA, Jumat (25/9) kemarin, Kapolres AKBP Muhammad SIK melaksanakan Sholat Jumat di Masjid Agung Nurul Huda Sumbawa sekaligus bersilaturrahim dan memperkenalkan diri sebagai pejabat Kapolres Sumbawa yang baru. Dalam kegiatan tersebut Kapolres didampingi Kabag Sumda Kompol Syirajuddin Mahmud, Kasat Intelkam AKP Hatta S. IP dan Kasi Propam IPDA Buhari Tamal.

Bertemu Ketua FKUB dan para tokoh agama
Bertemu Ketua FKUB dan para tokoh agama

Sebelumnya Kapolres menemui sejumlah pimpinan daerah mulai dari Bupati Sumbawa Berlanjut ke Dandim 1607 Sumbawa Letkol Inf Agus Suprianto. Saat menerima Kapolres, Dandim didampingi Kasdim 1607 Mayor Inf Abdul Haris SH MH dan para perwira serta seluruh Danramil baik yang ada di Kabupaten Sumbawa maupun Kabupaten Sumbawa Barat. Selain Kapolres juga menyambangi para tokoh agama, tokoh adat dan tokoh pemuda. Salah satunya di kediaman Ketua FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama), Drs H Umar Hasan. Hadir dalam kesempatan itu, perwakilan dari MUI, NU, Muhammadiyah dan para tokoh lainnya. Di hadapan para pimpinan dan tokoh, Kapolres meminta bisa diterima serta saling bahu membahu dalam memelihara Sitkamtibmas di Kabupaten Sumbawa. (Jen/SR)

bankntb DPRD DPRD