Polisi Ajak Lurah dan Kades Perangi Narkoba

oleh -10 views

Sumbawa Besar, SR (22/09/2015)

Semua pihak harus bekerjasama dan terlibat dalam upaya pemberantasan peredaraan dan penyalahgunaan narkoba. Sebab barang haram itu telah menggrogoti hampir di semua strata. Kondisi tersebut sangat memprihatinkan karena dapat merusak tunas muda harapan bangsa. Karenanya, Selasa (22/9), Polres Sumbawa melalui Satuan Bimbingan Masyarakat (Binmas) menggelar penyuluhan mengajak lurah dan kepala desa untuk memerangi narkoba.

Kasat Binmas Polres Sumbawa, IPTU Made Wirana yang ditemui seusai kegiatan mengatakan, sosialisasi ini terkait dengan pencegahan pemberantasan peredaran dan penyalahgunaan narkoba (P4GN). Dalam upaya ini pihaknya melibatkan para Bhabinkamtibmas di lapangan agar dapat bersinergi dengan kepala desa dan lurah.

Selain itu pihaknya selalu berkoordinasi dengan Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Dalam Negeri (Kesbangpoldagri) Sumbawa serta Satuan Reserse Narkoba Polres Sumbawa. “Semua Babinkamtibmas di wilayah Kota Sumbawa sudah ditempatkan di tiap-tiap desa atau kelurahan. Mereka turun langsung ke masyarakat untuk memberikan penyuluhan terutama upaya pemberantasan narkoba,” sebutnya.

Ditambahkan Kasat Reserse Narkoba Polres Sumbawa, IPTU Totok Suharyanto SH  menambahkan, bahwa hasil pertemuan dan sosialisasi yang mewacanakan membentuk desa bebas narkoba akan langsung ditindaklanjuti. Untuk mendukung terwujudnya hal tersebut harus ada kerjasama semua pihak. “Tindakan penangkapan tidak akan membuat pengguna, kurir atau pengedar itu jera. Demikian program rehabilitasi dari BNN, belum menjamin yang terlibat akan sadar. Semua pihak harus bersinergi untuk menyelesaikan masalah ini,” tukasnya.

Baca Juga  Ketua DPRD Sumbawa Salahkan Pemprov NTB

Kepala Badan Kesbangpoldagri Sumbawa, Drs Arif M.Si mendukung secara penuh P4GN. Ia menilai pertemuan yang digagas Polres Sumbawa itu mencerminkan kesungguhan polisi dalam menyukseskan program pemerintah yakni pemberantasan narkoba. Menurutnya, narkoba adalah ancaman serius dan sudah tak terhingga korban narkoba, baik itu secara fisik, psikis dan ekonomi. Akibat narkoba, terancam terjadi lost generation atau generasi yang hilang. ‘’Ini ancaman yang sangat serius bagi bangsa,” tandasnya.

Karenanya disepakati narkoba merupakan ancaman bagi anak cucu dan generasi mendatang. “Kepada pemakai atau pengguna narkoba kami himbau agar sadar, masih ada waktu untuk kembali dan tidak akan dihukum,” imbuhnya, seraya menyatakan pengguna yang dengan sukarela untuk direhabilitasi, akan difasilitasi Kasat Binmas, Kasat Reserse Narkoba dan Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Sumbawa. (Jen/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.