Lari Samawa 10K, Putra Nasional Disabet Jabar, Putri DKI Jakarta

oleh -7 views

Diikuti 3.936 Peserta, 112 Pelari Nasional  

Sumbawa Besar, SR (20/09/2015)

Ridwan–pelari andalan Kabupaten Sumbawa dan NTB, harus puas di urutan kedua Lomba Lari Samawa 10 K yang digelar dalam rangka memeriahkan Festival Moyo 2015, Minggu (20/9). Pelari asal Labuan Sumbawa dengan nomor dada 015 ini berada di belakang Agus Prayogo—pelari nasional asal Jawa Barat. Agus Prayogo yang bernomor dada 004 ini menjadi yang tercepat mencapai finish pada kategori Nasional Putra. Sedangkan di posisi ketiga Saudik pelari asal Jogjakarta dan keempat Acong Tio dari Jawa Timur. Kemudian untuk kategori Nasional Putri, Rini asal DKI Jakarta menjadi yang tercepat. Di belakangnya menyusul Ferli Masince dari Kalimantan Timur, Erni asal Jawa Tengah dan Sunarti dari Kota Bima NTB. Sedangkan kategori Lokal NTB Putra, Yan Bahtiar asal Kabupaten Bima menempati podium teratas setelah lebih awal mencapai finish, disusul Iman Madi, Sulkifli dan Komaruddin—ketiganya asal Kota Bima.

Dalam Lomba Lari Samawa 10K ini juga diikutkan tiga kategori lainnya yaitu Lokal Sumbawa Putri, Lokal SD Putri dan Lokal SD Putra. Untuk Lokal Sumbawa Putri, posisi pertama diraih Dian Ekayanti dari umum Sumbawa, disusul Nova Dwiyanti dari SMP SATAP Unter Iwis, Sri Agustini (SMPN 1 Labuan Badas), dan Riski Putri 314 (SMP SATAP Unter Iwis). Selanjutnya di kategori SD Putri, tiga siswa SDN Olat Rarang mendominasi dalam 4 besar. Masing-masing Dahlia berada di posisi pertama sekaligus menjadi yang tercepat mencapai finish, dan dua koleganya Dina Aprilianti dan Nita Ade Kayanti berada di posisi tiga dan empat, sedangkan di urutan kedua diraih Lisda Osvala L asal SDN 4 Sumbawa Besar. Berikutnya Iqro Saputra asal SDN 1 Labuan Badas menjadi yang pertama mencapai garis finish pada kategori SD Putra, disusul M Husni (SDN 15 Sumbawa), Zuldian (SD Medang) dan Heri H (SDN 2 Labuan Badas).

Baca Juga  Pasca Banjir, Wabup KSB Langsung Datangi Kementerian PUPR

Untuk diketahui lomba lari yang mengambil start sekaligus finish di Lapangan Pahlawan Sumbawa ini diikuti 3.936 peserta dari dalam dan luar Sumbawa. Dari jumlah ini sebanyak 112 pelari nasional baik putra maupun putri yang berasal berbagai wilayah di Indonesia, di antaranya NTB, Bali, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan dan DKI Jakarta. Mereka adalah pelari andalan daerahnya dan memiliki nama di jajaran pelari papan atas nasional. Rincian peserta yang terbagi dari beberapa kategori adalah Lokal Putra sebanyak 2.436 orang, Lokal Putri 536, SD Putri 383 orang, SD Putra 469, Putra Nasional 48 orang dan Putri Nasional 64 orang. Para peserta yang meraih juara mendapat hadiah uang tunai maksimal Rp 17,5 juta dan minimal Rp 1,75 juta. Total hadiah yang disiapkan panitia penyelenggara mencapai Rp 173,5 juta untuk 10 besar di masing-masing kategori.

Bupati Sumbawa, Drs H Jamaluddin Malik saat melepas para peserta di garis start, mengatakan, bahwa Lomba Lari Samawa 10K ini merupakan rangkaian Festival Moyo 2015. JM—sapaan bupati menyampaikan apresiasi dan penghargaannya kepada para atlit baik lokal maupun yang berada di luar daerah atas keikutsertaannya dalam memeriahkan agenda tahunan ini. Diakui JM, peserta yang ikut pada kegiatan ini lebih meningkat dari tahun sebelumnya, demikian dengan hadiahnya. Ia berharap dari lomba ini akan melahirkan juara baru sekaligus memperbaiki prestasi pada lomba serupa di tahun sebelumnya. Tidak saja menjadi juara tapi juga segar bugar saat mencapai finish. “Selamat berlomba, junjung tinggi sportifitas dan salam olahraga,” pungkas JM. (Jen/SR)

bankntb DPRD DPRD