Tim BPKP Tuntaskan Audit Investigasi Kredit Macet Bank NTB

oleh -11 views

Sumbawa Besar, SR (19/09/2015)

Tim Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Nusa Tenggara Barat (NTB) telah menuntaskan audit investigasi untuk mengungkap besarnya kerugian negara yang ditimbulkan dalam kasus kredit macet Bank NTB Cabang Sumbawa. Tim yang berjumlah 4 orang ini bekerja siang dan malam dalam upaya mempercepat penuntasan kasus yang sudah lama ditangani penyidik Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polres Sumbawa. “Tim sudah menuntaskan audit investigasinya yang dilakukan selama dua minggu,” kata Kasat Reskrim Polres Sumbawa, IPTU Tri Prasetiyo yang dikonfirmasi SAMAWAREA, Sabtu (19/9).

Setelah audit investigasi ini dilakukan, BPKP akan mengeluarkan produk berupa laporan hasil audit investigasi. Ketika produk itu menyatakan ada kerugian negara, maka akan proses sidik untuk menetapkan siapa-siapa tersangkanya. “Sesuai undang-undang, kasus korupsi itu mutlak adanya kerugian negara. Dan yang menentukan ada dan tidaknya kerugian negara adalah BPKP selaku saksi ahli,” jelasnya.

Meski demikian hasil penyelidikan dan penyidikan sementara, indikasi tindak pidana korupsi dalam kasus ini sudah mengarah. Dan pihaknya telah menetapkan tiga calon tersangka. “Masih tetap tiga calon tersangka, jika ada perubahan keterangan pasca hasil audit BPKP, bisa jadi calon tersangkanya akan bertambah,” tandasnya.

Untuk diketahui, kasus kredit Bank NTB terjadi sekitar Tahun 2005 lalu. Pihak Bank menggelontorkan kredit miliaran rupiah kepada 151 karyawan PTNNT. Namun dalam prakteknya pemberian kredit ini diduga kuat melanggar prosedur. (Jen/SR)

CAPTIONTim BPKP NTB sedang melakukan audit investigasi di Polres Sumbawa terkait kasus Kredit Macet Bank NTB Cabang Sumbawa. 

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  TAGANA Sumbawa Juara Umum NTB