Rakor KPU NTB, Upaya Identifikasi Permasalahan Pilkada

oleh -0 views

Sumbawa Besar, SR (18/09/2015)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi NTB melaksanakan Rapat Koordinasi dan Evaluasi Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di 7 kabupaten/kota se-NTB, Kamis kemarin. Rakor yang dipusatkan di Wisma Daerah Kabupaten Sumbawa dan dihadiri semua anggota KPU dari tujuh kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada, bertujuan untuk mencermati sejauhmana pelaksanaan tahapan Pilkada serentak tersebut. “Dalam Rakor ini akan dibahas sejumlah permasalahan yang muncul di lapangan yang nantinya akan dicarikan solusi,” kata Ketua KPU NTB Lalu Aksor Anshori saat membuka Rakor.

Rakor KPU 1Saat ini dari 7 Kabupaten/kota termasuk Sumbawa telah menetapkan daftar pemilih sementara dan pemuktahiran data sudah mencapai 70 persen untuk selanjutnya ditetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Kemudian masa kampanye calon telah dilaksanakan 27 Agustus dan berakhir 5 Desember mendatang. Demikian dengan alat peraga kampanye yang pengadaan dan pemasangannya menjadi tugas KPU, semua sudah beres.

Bagaimana dengan Pilkada Kota Mataram ?, Lalu Aksar menyatakan berbeda dengan 6 kabupaten/kota lainnya di NTB. Hal ini mengingat baru 15 September lalu pihaknya menerima pendaftaran pasangan calon, dilanjutkan dengan pencabutan nomor urut, 16 September lalu tahap kampanye dimulai 18 september ini. Sebelumnya Ketua KPU kabupaten Sumbawa, Syukri Rahmat S.Ag, mengharapkan Pilkada berjalan mulus, aman dan berkualitas.

Mengenai tahapan Pilkada Sumbawa, Syukri mengaku sudah melakukan monitoring lapangan pada Rabu (16/9) lalu untuk memastikan alat peraga kampanye (APK) sudah terpasang di sejumlah titik yang ditentukan. Namun demikian masih ada APK yang dipasang pasangan calon di beberapa titik dan belum sempat ditertibkan Panwas. “Kita sudah koordinasi dengan panwas agar segera ditertibkan,’’ tandasnya, seraya berharap Rakor ini dapat melahirkan rekomendasi yang akan menjawab sejumlah persoalan dalam rangka menyukseskan Pilkada. (Jen/SR)

 

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  Sambut Pilkada, Gubernur Ajak Masyarakat Tetap Jaga Kerukunan