Tak Miliki IUTM, Satpol PP Tutup Paksa Alfamart

oleh -5 views

Taliwang, SR (15/09/2015)

Pemda Sumbawa Barat melalui Satuan Polisi Pamong Praja akhirnya melakukan tindakan tegas dengan menutup sementara seluruh toko waralaba yang belum memiliki Izin Usaha Toko Modern (IUTM), Selasa (15/9). Sebanyak 54 anggota Pol PP dikerahkan dan memulai penutupan paksa serta penyegelan tersebut dari gerai Alfamart yang berlokasi di depan alun-alun Taliwang. Rencananya, ada 11 gerai Alfamart yang akan didatangi guna memastikan kelengkapan izin usahanya.

Kasat Pol PP KSB, Agus Hadnan pimpin langsung penutupan Alfamart
Kasat Pol PP KSB, Agus Hadnan pimpin langsung penutupan Alfamart

Kasat Pol-PP KSB, Agus Hadnan saat ditemui SAMAWAREA menegaskan, penyegelan gerai Alfamart terpaksa dilakukan, karena sejauh ini management setempat belum mengantongi IUTM. Padahal mereka telah berulangkali disurati. “Kami akan datangi seluruh gerai Alfamart, dan yang tidak bisa menunjukkan IUTM, langsung kami tutup,” tegasnya.

Agus sapaan akrabnya tak menampik bahwa keberadaan seluruh gerai Alfamart telah mengantongi izin lainnya seperti Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Namun izin yang mereka miliki akan lengkap jika sudah bermitra dengan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) setempat, sebagai syarat terbitnya Izin Usaha Toko Modern. “Informasi dari SKPD terkait, beberapa gerai Alfamart tinggal melengkapi IUTM, dan itu akan kami cek semuanya,” tambah Agus.

54 personil KSB dikerahkan
54 personil KSB dikerahkan

Hari pertama penertiban toko waralaba, Satpol PP mengupayakan mendatangi 6 gerai. Jika waktu memungkinkan 11 gerai akan didatangi guna memastikan perizinannya. Secara keseluruhan Gerai Alfamart di Sumbawa Barat berjumlah 12 buah terdiri dari satu gerai dalam tahap pembangunan dan 11 gerai telah beroperasi. Keberadaan gerai tersebut tersebar di beberapa kecamatan yakni Taliwang, Brang Rea, Seteluk, Poto Tano, dan Maluk.

Baca Juga  Sebulan Lebih Jadi Buronan, Wanita Bandar Shabu Dibekuk

Untuk diketahui, penutupan paksa merupakan langkah terakhir yang dilakukan  pemerintah daerah kepada seluruh toko waralaba yang belum memiliki IUTM. Mereka  sebelumnya telah diperingati namun tidak diindahkan. Seluruh gerai yang ditutup paksa kemungkinan bisa beroperasi kembali jika sudah mengantongi izin secara keseluruhan. (AR/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.