Forum KPK Siap Awasi Kinerja BPJS

oleh -2 views

Sumbawa Besar, SR (14/09/2015)

Kejaksaan Negeri Sumbawa bersama BPJS dan sejumlah instansi terkait lainnya membentuk Forum Koordinasi Pengawasan dan Kepatuhan (FKPK) guna mengawasi dan mengevaluasi program BPJS. Forum ini dibentuk sebagai tindaklanjut dari MoU Jaksa Agung Muda (JAM) Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) dengan BPJS.

Di tingkat kabupaten, Forum ini diketuai Kajari, dan sekretaris Kepala BPJS Cabang Bima, serta beranggotakan kasi Datun dan sejumlah kepala dinas di Sumbawa dan KSB. “Dalam MoU ini kami ditunjuk sebagai jaksa pengacara negara (JPN) untuk melakukan legal asistence dan legal opinion,” kata Kajari Sumbawa, Sugeng Hariadi SH MH saat ditemui SAMAWAREA usai pertemuan dengan BPJS, Senin (14/9).

Melalui forum ini Kejaksaan mengawasi pola penerapan BPJS di lapangan. Nantinya, anggota tim akan melakukan pengawasan terhadap pemberi dan penerima kerja khususnya BPJS tenaga kerja baik peserta mandiri ataupun non mandiri. Ini dilakukan agar program BPJS berjalan sesuai aturan dan sejalan dengan pelayanan publik yang baik dan benar. Misalnya badan usaha. Pihaknya mengawasi apakah badan usaha tersebut sudah mendaftarkan anggotanya dalam BPJS. Jika tidak akan ditempuh sejumlah langkah salah satunya pemberian sanksi seperti tidak diberikan izin usaha. “Jadi forum ini tidak hanya mengawasi BPJS itu sendiri melainkan juga badan usaha apakah telah mengikutsertakan karyawannya menjadi peserta BPJS,” demikian Kajari. (Jen/SR)

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  Jaksa Mejahijaukan 15 Kasus Ilegal Logging