Ratusan Peserta Ikut Balap Sampan dan Lomba Mancing

oleh -32 views

Kemeriahan Festival Moyo 2015 Berlanjut 

Sumbawa Besar, SR (13/09/2015)

Kemeriahan Festival Moyo 2015 terus berlanjut. Setelah Barapan Kebo, berlanjut ke lomba balap sampan dan memancing. Ratusan peserta ikut meramaikan kegiatan pada hari kedua tersebut terdiri dari 101 peserta lomba balap sampan dan 304 orang mengikuti lomba mancing. Kegiatan yang dipusakan di Pantai Goa Kecamatan Badas ini, dibuka secara resmi Sekda Sumbawa, Drs H Rasyidi. Dalam sambutannya, Sekda berharap kegiatan yang digelar Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumbawa ini dapat meningkatkan pemanfaatan pengelolaan sumber daya pesisir. Selain itu memberikan motivasi kepada masyarakat dalam melestarikan dan memelihara laut, serta menumbuhkan rasa kebersamaan di antara para nelayan dan masyarakat pesisir, di samping ajang untuk menyalurkan hobi. ‘’Laut ini sebagai tempat mencari nafkah untuk keluarga,” kata Sekda.

Sekda lepas peserta balap sampan
Sekda lepas peserta balap sampan

Karenanya Sekda menghimbau seluruh nelayan untuk bekerjasama menjaga laut dengan cara tidak merusak laut dan tidak menjadi bajak laut mengingat laut adalah aset yang memberikan kehidupan bagi masyarakat.

Sebelumnya Ketua Panitia, Yudi Haris SE MT melaporkan bahwa Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki potensi sumber daya pesisir dan laut yang cukup besar dalam menunjang pembangunan nasional. Namun wilayah pesisir laut dewasa ini banyak menghadapi persoalan. Seperti adanya degradasi lingkungan dan sumberdaya pesisir dan laut, serta rendahnya SDM. Karenanya diperlukan berbagai upaya pengelolaan dan pemanfaatan wilayah dan sumber daya pesisir untuk mewujudkan pembangunan pesisir. Selain itu meningkatkan kesadaran pentingnya budaya kelautan dan wawasan maritim serta kecintaan dan kepedulian terhadap sumber daya pesisir. “Lomba ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pentingnya kesadaran masyarakat sekaligus meningkatkan budaya kelautan dan wawasan maritim,” pungkasnya. (Jen/SR)

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  Giliran PETANG Galang Dana Korban Banjir Lotim