Aneh Jika Sumbawa Tak Capai Target Swasembada Pangan

oleh -0 views

Sumbawa Besar, SR (13/09/2015)

Serapan gabah petani di Kabupaten Sumbawa oleh Bulog terus meningkat. Kondisi ini memunculkan optimisme bahwa target swasembada pangan akan tercapai. “Kita inikan sentra produksi, aneh jika tidak penuhi target,” ucap Kepala Dinas Pertanian Sumbawa, Ir Talifuddin M.Si belum lama ini.

Disebutkannya, serapan gabah dari petani setiap harinya lebih dari 100 ton, dan dalam seminggu ini serapan gabah meningkat dari 15 persen menjadi 20 persen. Capaian ini berkat kerjasama semua pihak, terutama aparat TNI yang mengawasi pelabuhan, sehingga tidak ada gabah yang dikirim ke luar daerah sebelum target tercapai yaitu sebanyak 25 ribu ton.

Talifuddin dan TNISaat ini diakui Talif, sudah memasuki musim panen. Dan hasil panennya lebih bagus dari tahun lalu sehingga dipastikan produksi jauh lebih meningkat. Bayangkan luas lahan persawahan di Kabupaten Sumbawa mencapai 15 ribu hektar. Jika dalam satu hektar menghasilkan sekitar enam ton gabah, maka keseluruhan lahan akan menghasilkan sekitar 95 ribu ton. Jika menjadi beras, diperkirakan sekitar 45 ribu ton dan lebih dari cukup untuk memenuhi target. “Setiap panen gabah milik petani sudah siap untuk disalurkan dengan kesepakatan harga Rp 4.300 perkiogram di tingkat petani atau jauh lebih tinggi dari standar HPP yaitu Rp 3.700 perkilogramnya,” pungkasnya. (Jen/SR)

 

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  Ayo !!! Dukung Kabupaten Sumbawa Raih API 2017