Kunjungan Wisatawan ke Sumbawa Meningkat

oleh -28 views

Sumbawa Besar, SR (11/09/2015)

Kunjungan wisatawan ke Kabupaten Sumbawa sejak Tahun 2012 terus mengalami peningkatan yang cukup menggembirakan. Demikian dikatakan Bupati Sumbawa, Drs H Jamaluddin Malik saat memberikan sambutannya pada Pembukaan Perhelatan Festival Moyo 2015 di Taman Kerato, Kecamatan Unter Iwis, Jumat (11/9) sore.

Total kunjungan wisatawannya saat itu mencapai 43.363 orang dan meningkat pada Tahun 2013 yaitu 45.103 orang yang terdiri dari 41.763 WNI dan 3.340 WNA. Peningkatan juga terjadi 2014 berjumlah 45.263 orang terdiri dari 42.816 WNI, dan 2.447 WNA, belum termasuk wisatawan yang berkunjung dengan menggunakan kapal pesiar. Bupati berharap kunjungan wisatawan akan terus meningkat pada Tahun 2015 ini menyusul semakin baiknya citra positif pariwisata Sumbawa saat ini. Terlebih potensi wisata yang dijadikan destinasi mulai dikelola dengan baik.

Air Terjun Agal Marente
Air Terjun Agal Marente

Menurut Bupati, kehadiran Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin di Kota Sumbawa Besar dengan frekwensi penerbangan setiap hari juga telah memberi pilihan dan kemudahan akses bagi para wisatawan untuk berkunjung sehingga banyak membantu pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Sumbawa. Di samping infrastruktur penunjang, tentu peningkatan jumlah kunjungan wisatawan tersebut tidak lepas dari peran serta masyarakat dan semua pihak di Tana’ Samawa dalam menjaga kondusifitas daerah dan mengelola serta mengembangkan obyek dan daya tarik wisata.

adat barumpuk
adat barumpuk

Ia berharap melalui wisatawan maupun peserta yang mengikuti event-event dalam Festival Moyo ini akan dapat membantu mempromosikan tentang potensi wisata di Kabupaten Sumbawa hingga ke luar negeri. “Kami menyadari bahwa masih banyak potensi wisata di kabupaten sumbawa yang perlu dikelola secara serius baik itu kekayaan alamnya maupun budayanya. Dan Festival Moyo ini menjadi ikhtiar dalam menggairahkan sektor pariwisata Sumbawa,” pungkasnya. (Jen/SR)

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  Hj Selly: "Kerja Tulus dan Ikhlas adalah Prioritas"