Siap 100 Persen, Festival Moyo Bakal Semarak dan Meriah

oleh -5 views
Pembukaan Festival Moyo 2013

Sumbawa Besar, SR (10/09/2015)

Festival Moyo 2015 yang mulai digelar 11 hingga 20 September, sudah siap 100 persen. Bupati Sumbawa, Drs H Jamaluddin Malik didampingi Sekda Drs H Rasyidi selaku Ketua Umum melihat secara langsung kesiapan pelaksanaan dan optimis dapat berjalan sebagaimana yang direncanakan. Event tahunan yang dipusatkan di Taman Kerato, Kecamatan Unter Iwis ini, akan dibuka secara resmi oleh Menteri Pariwisata yang diwakili Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Esthy Reko Astuti, Jumat (11/9) besok sore. Hadir mendampingi di antaranya Gubernur NTB, Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa. Hal ini diungkapkan Kabag Humas dan Protokol Setda Sumbawa, Rachman Ansori M.SE saat ditemui SAMAWAREA di ruang kerjanya, Kamis (10/9).

Untuk Pembukaan Festival Moyo ini, dimeriahkan Atraksi Baguntung Rame (pemukul rantok) dengan jumlah rantok 24 buah yang berasal dari 24 kecamatan. Masing-masing rantok dipukul oleh 8 orang dengan total peserta mencapai 192 orang. Jumlah tersebut belum termasuk beberapa rantok yang akan dipukul oleh anggota Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (Forkopimda) dan tamu-tamu luar daerah di antaranya Wakil Bupati dan Sekda Lombok Tengah (Loteng), perwakilan dari seluruh kabupaten/kota di NTB minimal diwakili Kadis Pariwisata. Selain Baguntung Rame, lanjut Ansori—sapaan akrab pejabat muda yang ramah ini, pembukaan Festival Moyo juga diramaikan dengan Pawai Budaya yang diikuti kontingen dari 24 kecamatan. Menariknya lagi, dalam Pawai yang memulai start dari Taman Kerato dan finish di Taman Lapangan Pahlawan ini, diikuti kontingen budaya Lombok Timur yang dikirim khusus oleh Bupatinya.

Baca Juga  Tiga Bibit Bencana Mengintai, Kabag Humas Himbau Masyarakat Waspada

Untuk diketahui, Festival Moyo 2015 terdiri dari 18 event yang sebagian besar terpusat di Lapangan Kerato, Taman Pahlawan, Taman Mangga (kota), Saliperate, dan Pulau Moyo, di samping Kecamatan Maronge untuk Barapan Kebo, Moyo Hilir untuk Main Jaran dan Kecamatan Lape untuk event nasional Paralayang. Selain itu dari 18 event tersebut ada dua kegiatan baru dalam Festival Moyo yakni Karnaval Batu Akik dan Paralayang. Bupati Sumbawa maupun Sekda berharap masyarakat dapat mendukung dan menyukseskan event bergengsi ini dengan tetap menjaga suasana aman dan kondusif sehingga para pendatang merasa nyaman untuk menikmati dan mengambil manfaat dari kegiatan tersebut. (Jen/SR)

bankntb DPRD DPRD