Luas, Taman Kerato Jadi Pusat Festival Moyo 2015

oleh -23 views

Sumbawa Besar, SR (10/09/2015)

Festival Moyo sudah dilaksanakan sejak Tahun 2012 lalu. Artinya kegiatan tahunan pada Tahun 2015 ini sudah yang keempat kalinya. Selama ini event berskala nasional tersebut dipusatkan di Lapangan Pahlawan Sumbawa, namun pada kegiatan kali ini digeser ke Taman Kerato, Kecamatan Unter Iwis. Tentu ada yang bertanya apa pertimbangan dipilihnya Taman Kerato sebagai pusat kegiatan ?

Kabag Humas dan Protokol Setda Sumbawa, Rachman Ansori M.SE kepada SAMAWAREA mengatakan, pemilihan Taman Kerato sebagai pusat Festival Moyo 2015, karena animo masyarakat baik di Sumbawa maupun masyarakat pariwisata secara umum semakin meningkat. Hal ini mengingat gaung festival ini secara informatif sudah semakin akrab di seluruh daerah di Indonesia. Karena animo dari tahun ke tahun semakin tinggi, tentunya perlu mencoba menyesuaikan space-space yang sudah ada untuk dijadikan pusat kegiatan atau memilih lokasi yang lebih luas. Apalagi ketika Bupati Sumbawa mengikuti rapat kerja Bupati se-Indonesia pada Konfrensi Tingkat Tinggi Indian Ocean RIM Asociation (KTT IORA) di Padang, Sumatera Barat, 8 September lalu, ternyata banyak kepala daerah yang ingin datang ke Sumbawa untuk menyaksikan secara langsung event Festival Moyo. “Karena itu tantangan ke depan kita harus menyiapkan lokasi dan fasilitas yang memadai sehingga pelaksanaan berjalan maksimal,” katanya.

Karena itu Taman Kerato dengan luas lahan sekitar 4 hektar dinilai sangat pas untuk dijadikan pusat kegiatan Festival Moyo 2015. Selain mampu memenuhi kapasitas pengunjung, di Taman Kerato itu juga disiapkan stand Kuliner (PKL), stand batu akik dan stand UMKM dengan 70 los lapak untuk pengusaha lokal maupun luar daerah yang sangat antusias ikut serta menyukseskan kegiatan tersebut. Belum lagi Taman Kerato dilengkapi areal parkir yang cukup luas, sehingga tidak mengganggu arus lalulintas di jalan raya.

Baca Juga  “Romantic Night” Hipnotis Pengunjung di Puncak Festival Teba Murin

Pertimbangan lainnya lanjut Ansori—sapaan singkat Kabag Humas, dipilihnya Taman Kerato bagian dari upaya pemerintah mensosialisasikan pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau (RTH) sebagai sarana rekreasi, sosialisasi, olahraga dan lainnya. Di samping itu bagian dari implementasi dan apresiasi pemerintah daerah atas prestasi yang diraih Pemda Sumbawa pada Tahun 2014 menjadi juara tiga nasional dalam penataan ruang melalui pembangunan dan pemanfaatan RTH.  (Jen/SR)

bankntb DPRD DPRD