Satu Obyek Gugatan Lahirkan Dua Putusan Berbeda

oleh -4 views
Kabag Hukum I Ketut Sumadiartha SH saat menghadapi gugatan hukum di PN Sumbawa

Sengketa Lahan SMAN 4 dan SMPN 5 Sumbawa

Sumbawa Besar, SR (09/09/2015)

Putusan gugatan lahan milik Pemda Sumbawa yang di atasnya berdiri dua sekolah yaitu SMAN Negeri 4 Sumbawa dan SMP Negeri 5 Sumbawa, terbilang unik. Meski dua sekolah itu berada di lahan yang sama dengan satu sertifikat seluas 3,8 hektar, namun putusan Kasasinya berbeda. Untuk gugatan terhadap lahan SMPN 5 Sumbawa yang dilayangkan Indi Suryadi Cs, dimenangkan Pemda Sumbawa selaku tergugat, sedangkan gugatan terhadap lahan SMAN 4 Olahraga dimenangkan penggugat. Adanya putusan berbeda ini dibenarkan Kabag Hukum Setda Sumbawa, I Ketut Sumadiartha SH yang dikonfirmasi SAMAWAREA, Rabu (9/9).

Munculnya putusan berbeda ungkap Ketut, selain obyek gugatannya berbeda, juga majelis hakim yang menangani dua gugatan tersebut juga berbeda, kendati dua obyek (dua sekolah) tersebut berdiri di lahan yang sama. Untuk SMAN 4 Sumbawa, penggugat menggugat Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sumbawa. Gugatan ini dilayangkan karena BPN tidak menjawab permohonan penerbitan sertifikat yang diajukan penggugat. Setelah melalui proses Kasasi, majelis hakim memenangkan penggugat. Tapi dalam amar putusan Kasasi untuk SMAN 4 Olahraga itu tidak ada yang putusan yang membatalkan atau mencabut sertifikat atas nama Pemda Sumbawa. Namun menindaklanjuti putusan Mahkamah Agung (MA) ini, tergantung BPN apakah menjawab permohonan penggugat atau menerbitkan sertifikat atas lahan itu menggunakan nama penggugat. Jika sertifikat penggugat diproses maka akan muncul dokumen ganda yang sudah pasti akan menimbulkan persoalan baru. Sedangkan untuk lahan SMPN 5 Sumbawa, penggugat mempersoalkan sertifikat atas nama Pemda Sumbawa yang dinilai penerbitannya cacat hukum. Namun hingga proses Kasasi, Pemda Sumbawa selaku tergugat memenangkan gugatan tersebut. “Atas putusan Kasasi ini, penggugat mengajukan peninjauan kembali (PK),” tandasnya.

Baca Juga  Terseret Ombak, Pemancing Tewas Mengapung

Untuk diketahui Pemda Sumbawa sangat menghormati putusan berbeda dari dua majelis hakim yang berbeda meski gugatannya terkait lahan yang sama. “Walau putusannya beda, kita tetap menghormati dan tidak bisa melakukan intervensi,” pungkasnya. (Jen/SR)

bankntb DPRD DPRD