Atasi Longsor, Polisi Bangun Talut di Sungai Brang Bara

oleh -14 views

Sumbawa Besar, SR (09/09/2015)

Salut buat polisi. Itulah ungkapan masyarakat terhadap kepedulian jajaran Polres Sumbawa yang dalam beberapa hari ini melaksanakan kegiatan sosialnya di berbagai tempat. Setelah membantu mengatasi krisis air bersih di sejumlah kecamatan, rehab masjid, dan melakukan pembersihan pantai, Rabu (9/9) siang tadi, sekitar 20 personil dikerahkan ke bantaran Sungai Brang Bara, Kecamatan Sumbawa, untuk membantu pembangunan talut. Dipimpin Kasat Sabhara Polres Sumbawa, AKP Andry Nugroho Saputra SE, anggota bahu membahu memasang talut sepanjang 25 meter. Ini dilakukan karena tebing yang berada di bibir sungai sudah terkikis yang dikhawatirkan dapat mengancam bangunan warga yang berada di sekitar bantaran. Anggota tampak bersemangat meskipun bekerja di bawah teriknya matahari. Berkat kerjasama ini, talut tersebut selesai dalam waktu tidak terlalu lama. “Kami akan terus melaksanakan kegiatan yang bersifat sosial ini,” tegas Andry—sapaan akrab Kasat Sabhara saat ditemui SAMAWAREA usai kerja bhakti.

Polisi Talud 3Pembangunan talut ini ungkap Andry, sebagai upaya jajarannya dalam mengatasi terjadinya bencana alam, terutama longsor. Sebab tebing yang ada terancam roboh setelah mengalami abrasi akibat digerus air sungai. “Ini salah satu mitigasi yang kami lakukan, sebelum terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan,” katanya.

Menurut perwira low profil ini, bantuan yang telah diberikan tersebut bagian dari tugas polisi sebagai pengayom, pelindung dan pelayan masyarakat. Selain itu bantuan ini juga berkaitan dengan Program Quick Win Polri salah satunya penanggulangan bencana alam. “Kami ingin terus memberikan konstribusi dan karya nyata dalam mengatasi setiap permasalahan, sehingga masyarakat merasa polisi selalu berada di tengah-tengah mereka,” tandasnya.

Baca Juga  Preman Dinasehati, Ponpes Disambangi

Polisi Talud 4Seperti diberitakan, sebelumnya jajaran Polres Sumbawa terlibat dalam kegiatan kemanusiaan. Di antaranya mendistribusikan air bersih di beberapa wilayah di antaranya Desa Maman Kecamatan Moyo Hulu dan Desa Teluk Santong Kecamatan Plampang. Polisi juga membantu warga di Desa Kerato Kecamatan Unter Iwis untuk melakukan rehab masjid setempat. Demikian di pesisir Desa Labuan Kecamatan Badas, polisi bersama warga melaksanakan pembersihan pantai dalam upaya mendukung program pemerintah mengembangkan pariwisata. (Jen/SR)

bankntb DPRD DPRD